unescoworldheritagesites.com

Pengusaha Pertashop se Solo Raya Mengeluhkan Fluktuasi Harga BBM Yang Naik Turun Cepat - News

Ketua Paguyuban Pertashop Jateng-DIY DPC Kota Surakarta, Gunadi  Broto Sudarmo (Endang Kusumastuti)

 

: Pengusaha Pertashop di wilayah Solo Raya, mengeluhkan fluktuasi harga Bahan Bakan Minyak (BBM)  yang naik dan turun cepat sekali. Menurut mereka titik permasalahan lesunya bisnis Pertashop tidak hanya karena  adanya produk Pertalite itapi karena disparitas harga.

"Kalau disparitas harga antara Pertalite dengan Pertamax tidak tinggi, tingkat kecurangan penyaluran Pertalite saya kita tidak begitu tinggi juga," jelas Ketua Paguyuban Pengusaha Pertashop Jateng-Yogyakarta DPC Surakarta, Gunadi Broto Sudarmo,  usai Musyawarah Cabang Paguyuban Pengusaha Pertashop Jateng-DIY DPC Surakarta, di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/3/2023).

Lebih lanjut Gunadi mengatakan jika disparitas harga antara Pertamax dan Pertalite ditentukan tetap dikisaran Rp2.000, maka Pertashop masih bisa bertahan.

Baca Juga: Penanganan Banjir Jakarta, Sugiyanto Sarankan Pj Gubernur Heru Budi Ganti Pejabat Terkait yang Tidak Mampu

Tetapi yang terjadi di lapangan, harga Pertamax naik, tapi selisih harga dengan Pertalite cukup jauh. Ditambah lagi banyak Pertalite dijual eceran.

"Padahal Pertashop kan mitra Pertamina juga yang legal tetapi kenapa seperti dianaktirikan," katamya.

Gunadi mengaku usaha bisnis Pertashop di Solo Raya ada beberapa yang terseok-seok. Di Solo Raya ada 240 titik Pertashop, diantara titik tersebut ada yang memilih untuk  gulung tikar.

Baca Juga: Lirik Lagu Ada Sesuatu , Saat Kau Berlalu Berjalan Dihadapanku, Fariz RM

"Di Klaten sendiri ada 30 persen, di Sragen, di Boyolali juga ada. Mereka memilih untuk tutup karena untuk operasionalnya saja memang berat," jelasnya lagi.

Dirinya juga berharap aturan pemerimtah terkait pengawasan dan monitoring untuk diterapkan. Kebijakan yang sudah ada selama ini, seharusnya dijalankan. 

"Karena kebijakan yang ada intinya masalah monitoring penyaluran BBM jenis Pertalite. Ini kan sudah ada aturannya. Tapi sayangnya sampai saat ini, baik dari pemerintah maupun Pertamina, belum sepenuhnya menjalankan aturan yang ada," katanya lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi Hitam yang Patut Kamu Ketahui, Nomor 5 Pasti Bikin Kaget

Dengan terbentuknya Paguyuban Pengusaha Pertashop Jateng-Yogyakarta DPC Surakarta tersebut, diharapkan semua aspirasi dari anggota  bisa diterima baik dari Pertamina maupun dari pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat