unescoworldheritagesites.com

Peringatan May Day, BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa Kampanyekan JMO - News

Suasana di kantor BPJS Ketenagakerjaan (Ilustrasi)

: Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2023 dimanfaatkan BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa untuk memberikan pengalaman yang positif dan tambahaan manfaat secara langsung di luar manfaat program, kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Salah satu kegiatan dalam peringatan May Day ini diantaranya kampanye penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) pada peserta yang hadir di Kantor BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa, pada Selasa (2/5/2023).

"Hari ini merupakan harinya pekerja, termasuk bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang datang di Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa ini. Kami mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional," ujar Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa, Adventus Edison Souhuwat, kemarin.

Kampanye JMO ini, kata dia, merupakan bentuk edukasi untuk kemudahan dan membiasakan penggunaan aplikasi tersebut dalam memanfaatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan. Kampanye ini dilakukan dengan metode games yang menyenangkan.

Peserta yang bisa membuktikan telah mendownload dan mengaplikasikan JMO misalnya, diberikan hadiah souvenir. Peserta yang saat itu berhasil melakukan klaim JHT melalui JMO juga diberikan hadiah.

Sony menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sebagai jembatan menuju kesejahteraan pekerja, turut membangun komunikasi dan hubungan yang baik secara intensif kepada serikat pekerja/buruh dan masyarakat pekerja pada umumnya.

Hal ini, kata dia, dilakukan agar kesejahteraan pekerja bisa segera terwujud sesuai visi misi BPJS Ketenagakerjaan untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan dan perekonomian bangsa, dengan tata kelola baik.

Menurutnya, pekerja ikut berkontribusi dalam menjalankan roda pembangunan ekonomi. Untuk itu, buruh atau pekerja yang memiliki risiko dalam melaksanakan aktivitasnya ini perlu diberikan jaminan perlindungan sosial.

“Perlindungan kepada pekerja penting untuk meningkatkan kesejahteraan, memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja. Sehingga keluarganya di rumah tidak akan merasa cemas," ujarnya.

Hingga saat ini, pekerja yang telah menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, untuk pekerja formal atau penerima upah (PU) sebanyak 289.166 orang, pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) 50.180 orang, dan pekerja jasa konstruksi (Jakon) 97.615 orang.

Menurut Sony, masih banyak pekerja yang belum terlindungi dan merasakan program BPJS Ketenagakerjaan. Melalui Peringatan May Day ini pihaknya berharap bisa meningkatkan awareness bagi pekerja, pengusaha, pemerintah dan stakeholder terkait pentingnya perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat