unescoworldheritagesites.com

Semen Baturaja Sulap Lahan Pascatambang Jadi Kawasan Budidaya Lebah Trigona - News

Warga saat hendak memanen madu lebah Trigona di lahan pascatambang Semen Baturaja

: PT Semen Baturaja Tbk, anak usaha SIG, di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan berhasil menyulap lahan pascatambang seluas 30,14 hektar menjadi rumah bagi koloni Lebah Trigona.

Lebah Trigona yang dibudidayakan sejak Juli 2021 lalu itu merupakan salah satu genus lebah tanpa sengat penghasil madu terbaik karena memiliki tingkat kandungan bee pollen paling tinggi.

Menurut Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, budidaya Lebah Trigona merupakan inovasi yang dilakukan oleh Semen Baturaja untuk membantu proses penyerbukan tanaman di lahan reklamasi pascatambang sekaligus sebagai penghasil madu.

Baca Juga: Kemampuannya Sudah Teruji, Gerindra Sebut Erick Thohir Jadi Salah Satu Kandidat Cawapres Prabowo

Budidaya Lebah Trigona itu juga sebagai upaya dalam meningkatkan keanekaragaman hayati di lahan reklamasi pascatambang Pabrik Baturaja yang diharapkan dapat memberikan nilai secara ekonomis maupun ekologis.

Dia menyebut lahan reklamasi pascatambang Pabrik Baturaja yang ditanami beragam jenis tanaman, menjadi tempat yang potensial untuk melakukan budidaya lebah trigona. Khususnya tanaman hias berbunga yang banyak menggandung nectar dan pollen yang sangat disukai oleh koloni lebah.

Saat ini terdapat 45 koloni lebah yang tersebar di 3 lokasi, meliputi lahan penyemaian (green house) sebanyak 18 koloni, area reklamasi disposal 1 sebanyak 19 koloni, dan area rekalamsi disposal 2 sebanyak 8 koloni.

Baca Juga: Lirik Lagu Sanes 'Ngancani nanging ora iso duweni..' yang Dipopulerkan Guyon Waton feat Denny Caknan

Proses panen madu dilakukan dalam rentang waktu 2-3 bulan sekali, dimana 1 koloni bisa menghasilkan 0,5 sampai dengan 1 liter madu. "Sejak dibudidayakan pada Juli 2021 hingga Mei 2023, telah dilakukan pemanenan sebanyak 10 kali dengan hasil yang terus menunjukkan peningkatan," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat