unescoworldheritagesites.com

Kemenperin Bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra Dorong IKM Menjadi Rantai Pasok Industri Besar - News

Kemenperin bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra saat mengunjungi IKM CV  Kurnia Teknik di Solo (Endang Kusumastuti)

 

: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri kecil menengah (IKM) menjadi rantai pasok industri besar melalui kemitraan. Untuk mengembangkan IKM butuh ekosistem yang terkait dengan komunitas industri, swasta, BUMN, dan dinas terkait.

"Dalam menjalin kemitraan ada tahapan,  pasti akan ada prosesnya. Seperti di CV Kurnia Teknik ini sudah ada sentuhan dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)untuk mencapai ke proses IKM menjadi rantai pasok industri besar, " jelas Direktur Jenderal Industri Kecil, Menegah, dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita di sela-sela mengunjungi CV Kurnia Teknik, salah satu IKM binaan YDBA di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (4/7/2023).

Reni juga mengatakan peran pemerintah adalah memfasilitasi dan mendorong. Salah satunya adalah mendorong pemerintah daerah (pemda) membangun kawasan khusus industri.

Baca Juga: Animo Penumpang KRL Solo-Yogyakarta Tinggi, Gibran Minta Tambahan Perjalanan

"Karena memang untuk karakteristik seperti ini memang tingkat kebisingan yang tinggi dan juga ada pencemarannya. Selain itu juga membutuhkan bahan bakunya," jelasnya lagi.

Untuk mengembangkan IKM masuk dalam rantai pasok industri besar, Kemenperin ltidak bisa sendiri. Sehingga harus menggandeng swasta, BUMN dan dinas terkait. Serta kemauan dan semangat dari pelaku IKM untuk terus maju dan juga memperbaiki kualitas produksinya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina , menambahkan untuk di Kota Solo sesuai dengan RTRW Kota Solo bukan merupakan kota industri. Saat ini Kota Solo memiliki 16 sentra IKM.

Baca Juga: Bertemu Diaspora di Australia, Mendag Zulkifli Hasan Siap Fasilitasi Anak Muda Indonesia Jadi Pengusaha

Sementara itu, Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala mengatakan pihaknya sangat mendukung pengembangan IKM melalui kemitraan.

"Kami juga didukung kementerian pusat dan daerah. Kami berharap IKM bisa berkembang lagi, karena tim yang dibawa kemenperin ada juga pengusaha. Mereka bisa melihat proses dan meningkatkan kepercayaan untuk bisa berkolaborasi dengan IKM," kata Sigit.

Apalagi semua komponen bisa diproduksi di tempat tersebut. Upaya yang dilakukan kemenperin dan YDBA menurutnya bertujuan menjadikan IKM menjadi industri yang besar.

Baca Juga: Rumput Stadion JIS Bermasalah Menurut Ahli, Pemerintah dan PSSI Siap Ganti Total untuk Piala Dunia U17

"Kami juga mendampingi dari sisi finansial, perizinan usaha hingga penerapan 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin)," katanya lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat