unescoworldheritagesites.com

Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Haji Optimal - News

layanan haji lansia diupayakan optimal di Bandara Sepinggan

: Sebanyak 297 jemaah haji kelompok terbang (kloter 8) telah tiba di Bandar Udara Sepinggan Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Jemaah haji menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-900 Neo pada Senin (17/7/2023) dari Bandara Internasional Raja Abdulaziz (JED) dan sampai di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan (BPN) pukul 21.01 WITA.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan memastikan para jemaah mendapatkan pelayanan optimal khususnya para lansia yang membutuhkan kursi roda dan bantuan petugas haji.

"Proses penurunan jemaah haji dari pesawat menuju bus yang berada di service road apron bandara,  dilakukan secara tertib dengan mengatur antrian sehingga jemaah haji merasa nyaman. Antrian tersebut juga mencegah terjadinya kerumunan atau penumpukan di apron bandara," ucap Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan,  Endah Purnama Sari.

Baca Juga: Legislator Komisi VIII DPR RI Endang Maria: Penambahan 8.000 Kuota Haji Perlu Prioritaskan Jemaah Lansia

Koordinasi dan kolaborasi intensif terus dilakukan dengan kementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan seperti Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi dan terutama Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Timur sebagai leader penyelenggara embarkasi haji Balikpapan.

Endah menginginkan agar pelaksanaan haji 2023 dengan tema Ramah Lansia terselenggara dengan baik, maka penyediaan fasilitas pelayanan kursi roda, personel tambahan, hingga ambulance menjadi perhatian khusus.

"Kami juga pastikan seluruh proses Custom, Immigration, Quarantine (CIQ) dilakukan di Embarkasi Balikpapan, untuk menjaga kelancaran mobilitas jemaah haji," ujar Endah.

Masih terdapat 13 kloter haji yang akan kembali ke Indonesia melalui Bandara Sepinggan dari total 21 kloter yang berangkat pada tahun ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat