unescoworldheritagesites.com

Resmikan Jalan Tol Manado, Ruas Danowudu-Bitung, Jokowi: Kirim Logistik Jadi Mudah - News

Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Menado, Ruas Danowudu-Bitung . (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.)

: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Utara, Jumat, 25 Februari 2022. Jalan tol yang diresmikan ini merupakan seksi akhir dari Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer.

"Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sore hari ini, Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer telah rampung dan telah selesai," kata Presiden Jokowi mengawali sambutannya di Gerbang Tol Bitung, Kecamatan Maesa, Kota Bitung.

"Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara," ujarnya dalam tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: BTB Layani Korban Terdampak Gempa Pasaman Barat

Menurut Kepala Negara, seperti disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai 2 jam, sekarang, 35 menit. "Tapi, enggak ngebut. Kalau ngebut, saya kira 30 menit sampai," ucapnya.

Presiden menjelaskan, jalan tol ini praktis akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung. Rencananya, jalan tol tersebut nantinya akan diarahkan untuk menuju ke Likupang apabila Likupang betul-betul sudah selesai semuanya.

Lebih jauh Presiden berharap dengan pembangunan jalan tol ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Hingga berdampak, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara kembali melebihi dari nasional karena tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Jokowi Lanjutkan Proyek MRT Jakarta Terowongan Bawah Tanah Fase 2 HI Menuju Kota

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap 
bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, saya resmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer," ungkap Presiden Jokowi mengakhiri sambutannya.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. Hadir pula para Dirut-CEO BUMN yang hadir, para tokoh masyarakat.

Usai meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung, Presiden Jokowi meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Bitung yang digelar di Terminal Petikemas Bitung, Kota Bitung. Program vaksinasi
ini juga dilaksanakan serentak untuk masyarakat di 14 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga: Menuju Pertanian Modern, BPP Lampung Latih Petani Dengan Teknologi Smart Farming

Sebelumnya Presiden Jokowi juga meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Palu dan Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Presiden juga telah meresmikan sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang ada di Kabupaten Poso.

Turut serta dalam rombongan Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, selain Mensesneg Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir, juga terdapat Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (BPMI Setpres) Bey Machmudin. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat