unescoworldheritagesites.com

Tancap Gas! Jateng Urus UMKM Melalui Aplikasi Srikandi - News

Peluncuran aplikasi Srikandi. (Foto: Istimewa)

 

: Pemprov Jawa Tengah meluncurkan Aplikasi Srikandi, Selasa (22/3/2022). Ini langkah tancap gas dalam upaya mengurus sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Aplikasi Srikandi ini bakal membantu mempermudah akses keuangan bagi pelaku UMKM. Sebab sektor ini telah terbukti mampu bertahan di tengah terpaan badai Covid-19.

Langkah ini terwujud dengan menggandeng Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Jateng, serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi Srikandi, adalah akronim dari Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Terintegrasi. Srikandi adalah website Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Jawa Tengah yang menyediakan media informasi perkembangan akses keuangan yang komprehensif dan mudah diakses.

Baca Juga: Pemprov Jateng Kembali Kucurkan Insentif Untuk Guru Agama

Karenanya, bisa dijadikan petunjuk oleh Pemerintah Daerah dalam menetapkan kebijakan guna mendorong perekonomian dan tingkat inklusi di suatu daerah.

Apabila masyarakat hari ini ingin mendapatkan akses keuangan dengan mudah, maka dipersilakan  memanfaatkan Aplikasi Srikandi.

"Di aplikasi ini banyak fitur bagaimana mengajukan KUR, SKIM-nya seperti apa, syarat apa saja, dan dijamin yang digaet aplikasi itu legal. Pasti legal. Sehingga kalau ada sesuatu yang tidak benar bisa disampaikan ke OJK," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, usai melaunching Aplikasi Srikandi.

Baca Juga: Ribuan Santri Nahdlatul Wathan Lombok Timur Idolakan Ganjar Pranowo

Kemudahan akses permodalan UMKM tersebut diluncurkan, mengingat di masa pandemi, tidak sedikit UMKM terdampak. Sehingga mereka butuh akses keuangan yang lebih mudah dan aman. Selain itu juga untuk mengantisipasi fenomena adanya investasi bodong yang memunculkan crazy rich.

"Kadang-kadang mereka ambil jalan pintas, dan mencari dana dengan cara paling gampang. Maaf, mungkin harus ke rentenir, ke pinjol, atau investasi bodong yang kemarin melibatkan banyak tokoh tokoh hebat dan memunculkan crazy rich," kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menggelar Rapat Koordinasi Daerah dan Pleno TPKAD Se-Jawa Tengah di kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jateng-DIY. Ia berharap, rapat tersebut bisa menyatukan seluruh pemangku kebijakan dalam spirit mempermudah akses keuangan bagi masyarakat.

Baca Juga: Mulai Disidang, Pelaku Ekshibisionisme Di Yogyakarta Internasional Airport

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat