unescoworldheritagesites.com

Ditemukan Minyak Goreng Curah Rp22 Ribu Di Pasar Bulu Semarang - News

Ganjar pantau minyak goreng curah. (Istimewa)

 

: Masih banyak pedagang menjual minyak goreng curah dengan harga tinggi. Di Pasar Bulu, Kota Semarang, misalnya, pedagang menjual migor curah  seharga Rp22 ribu. Harga itu jauh diatas HET yang ditetapkan pemerintah yakni Rp14 ribu per liter.

Kenyataan tersebut ditemukan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat sidak ke Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (5/4/2022). Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan serta harga minyak goreng di pasaran.

Ganjar mengaku terkejut, saat menemukan fakta itu. Para pedagang menjual minyak goreng curah kepada konsumen yang harusnya Rp14 ribu menjadi Rp20 bahkan sampai Rp22 ribu per liter.

Ketika Ganjar datang, mendapat keluhan para pedagang tentang sulitnya minyak goreng. Di Toko mereka, juga hanya terpajang minyak goreng kemasan.

Baca Juga: Selama 12 Jam, Terjadi 156 Kali Gempa Guguran Di Puncak Merapi

"Minyak goreng curah susah Pak, harganya juga sama-sama mahal. Mending jual yang kemasan," kata Tini, salah satu pedagang.

Tini mengatakan kesulitan mendapat pasokan minyak goreng curah. Kalaupun dapat, harganya cukup mahal, yakni di atas Rp18 ribu per liternya.

"Makanya kami jual ke konsumen antara Rp20 sampai Rp22 ribu per liter. Kalau tidak begitu, saya tidak untung," ucapnya.

Bukan cuma Tini, para pedagang lain juga menyampaikan hal serupa. Mereka tidak ada yang menjual minyak goreng curah seharga Rp14 ribu.

Baca Juga: Inilah Gaya Ganjar, Ngabuburit Sambil Bedah Rumah Warga

Ganjar bahkan membuktikan sendiri dengan membeli minyak goreng pada salah satu pedagang. Ia pun harus mengeluarkan uang Rp20 ribu untuk seliter minyak goreng curah. Bahkan, ia tak boleh beli banyak karena pedagang kasihan pada pembeli lain.

"Berarti minyak goreng curah Rp14 ribu itu hoax ya bu," canda Ganjar.

Ganjar mengatakan, dari pengecekan itu dirinya menemukan bahwa cerita minyak goreng curah Rp14 tidak ada di pasaran. Sampai tingkat bawah, harga minyak goreng curah bisa mencapai Rp22 ribu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat