unescoworldheritagesites.com

Catat Kenaikan Penjualan, PT SKBM Didukung Penjualan Ekspor Udang Yang Meningkat - News

PT  Sekar Bumi Tbk.

 

: PT Sekar Bumi Tbk (SKBM)  mencatatkan kenaikan penjualan yang signifikan.  Tetlihat dalam laporan keuangan konsolidasi per 31 Desember 2021 

Grafik penjualan per 31 Desember 2021, mengalami kenaikan signifikan sekitar 22 persen. Ini didukung penjualan ekspor udang yang meningkat, ditambah kenaikan pasar domestik seiring peluncuran #JagoanDumpling, salah satu produk makanan olahan dimsum yang menjadi andalan perusahaan.

Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk Harry Lukmito, Sabtu (14/52022) menjelaskan, kenaikan penjualan ini juga didukung dengan pabrik-pabrik pengolahan udang, baik di Tangerang maupun Sidoarjo. Selain itu, SKBM juga menerima persetujuan sebagai approved-supplier  supermarket (retailer) besar. Di Amerika Serikat seperti Walmart, Costco, Kroger, Ahold, Publix, Aldi, Woolworths, dan sebagainya. 

Baca Juga: Pekerja Meninggal Tersengat Listrik, BPJAMSOSTEK Cabang Cilincing Serahkan Santunan

“PT Sekar Bumi Tbk juga mengantongi sertifikat internasional yang diakui. Seperti Best Aquaculture Practice 4-Star, yaitu integrasi dari benur udang, pakan udang, tambak udang, dan pabrik udang. Ditambah dengan traceability system yang mampu menunjang keunggulan perusahaan,” ungkap Harry.

Dalam lima tahun terakhir PT Sekar Bumi Tbk mengalami peningkatan penjualan sebanyak lebih dari dua kali lipat. Pada tahun 2017 sebesar Rp1.841.487.199.828 menjadi Rp3.847.887.478.570 pada tahun 2021. Makanan beku hasil laut nilai tambah (Frozen value-added seafood) menjadi kontributor terbesar dalam peningkatan tersebut. 

Kenaikan penjualan tersebut meningkatkan profit dari Rp5,4 miliar pada tahun lalu menjadi Rp29,7 miliar pada tahun ini. Di tahun 2021, Sekar Bumi mengakui pembukuan positif yang terjadi juga didorong oleh ragam kegiatan perusahaan.

Baca Juga: Kisruh MDI, Tokoh Senior Golkar Diminta Turun Tangan Menengahi

Salah satunya peluncuran produk-produk makanan olahan terbaru di tahun lalu. Seperti produk #JagoanDumpling dengan varian isi keju, bolognese, rendang, kari dan ayam. Produk makanan olahan lainnya seperti bakso-baksoan, ebi furai, fish roll, dan lainnya dipasarkan di bawah merek Bumifood dan Mitraku. 

Secara geografis, wilayah ekspor seperti Amerika Serikat menjadi penunjang terkuat dalam peningkatan penjualan. Termasuk pasar domestik di Indonesia yang turut menyokong peningkatan itu dengan Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar di Indonesia.

“Sekar Bumi optimis untuk dapat membukukan pendapatan positif kembali di tahun ini, melalui upaya kami dalam menghadirkan inovasi produk perikanan dengan menggenjot pasar domestik dan mempertahankan kekuatan kami di pasar ekspor," tandas Harry.

Baca Juga: EWG II G20, Dorong Pengembangan Dan Implementasi K3 Di Dunia Ketenagakerjaan Baru

Seperti diketahui, Sekar Bumi (PT Sekar Bumi Tbk) merupakan perusahaan Indonesia yang dikenal sebagai produsen makanan beku. Dengan spesialisasi produk udang, ikan, dan makanan olahan beku lainnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat