unescoworldheritagesites.com

19 Produk Unggulan Indonesia Siap Dikirim Bersaing di Good Design Award Jepang - News

Ilustrasi: Bata Interlock Reka Brick (Bata Lego Madura), salah satu produk berpredikat Best Design. (Foto: rekabrick)

: Sebanyak 19 produk unggulan Indonesia yang meraih predikat ‘Best Design’ dan ‘Good Design’ pada ajang Good Design Indonesia (GDI) 2022 siap dikirim untuk bersaing dalam penjurian tahap kedua ajang Good Design Award (GDA) ke-66 di Jepang.

Penjurian tersebut akan digelar di Aichi, Nagoya, Jepang pada 2–4 Agustus 2022, diikuti sekitar 5.000 produk dari seluruh dunia, dan melibatkan 60 juri.

Kementerian Perdagangan optimis produk-produk GDI 2022 akan menjadi pesaing yang kompetitif untuk menguasai pasar global.

Baca Juga: Ingin Bepergian Jarak Jauh ? Ini 9 Tips Aman dan Nyaman Bepergian Jauh Pakai Mobil Listrik

“Pengiriman produk-produk unggulan Indonesia untuk mengikuti penjurian Good Design Award di Jepang merupakan upaya pemerintah dalam mendukung promosi dan perluasan akses pasar produk Indonesia ke mancanegara. Kami optimis produk Indonesia mampu bersaing dengan produk sejenis dari negara lain dan menguasai pasar global,”kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi.

Sebanyak 19 produk Indonesia yang dikirim untuk mengikuti GDA di Jepang terdiri atas 10 produk peraih predikat Best Design dan 9 produk peraih predikat Good Design.

Produk-produk yang terpilih untuk dikirim ke GDA ini didasarkan pada perolehan nilai tertinggi dari hasil penjurian GDI yang telah dilaksanakan pada 15–17 Juni 2022.

Baca Juga: BRI Serius Tunjukkan Komitmen Dukung ESG, Telah Salurkan Rp639 T untuk Pembiayaan di Sektor Berkelanjutan

Dari 19 produk tersebut, sebanyak 13 produk merupakan produk hasil usaha kecil dan menengah (UKM). Sepuluh produk berpredikat Best Design adalah Bata Interlock Reka Brick (Bata Lego Madura), PeduliLindungi (Kemenkes), Dark Chocolate Bar Ransiki West Papua (Pipiltin), Kain Daur Ulang (Daur Langkah Bersama), Bobocabin (Bobobox Mitra Indonesia), Kata (Bana Andaru Nusantara), Menuju Tubaba (Nusa Artha Estetika), Recycled Weaving Panel (BYO Living), serta Natabata dan Ngekos (Andy Rahman Architect).

Sementara itu, sembilan produk peraih Good Design adalah Raja Ampat Table Collection, Alter Lounge Chair, Koral, IAWR 2021, Kopi Susu Xpresso & Kopi Tubruk Espresso, Sadel Kayu, Airdisinfex, Mini E-scooter Gesits M1, dan Panarilla.

Pada keikutsertaan tahun lalu, enam produk Indonesia yang diikutsertakan dalam GDA keluar sebagai peraih predikat desain terbaik yang mendapatkan G-Mark bersama para pemenang lain dari seluruh dunia.

Baca Juga: Melalui Turnamen E-Sports Piala Kasad, TNI AD Tebar Semangat Kompetitif dan Patriotik Generasi Milenial

G-Mark merupakan penghargaan desain internasional yang diberikan kepada produk-produk terbaik dari ajang GDA ini. “Kemampuan produk-produk Indonesia untuk bersaing di tingkat global telah teruji di ajang GDA tahun lalu. Di tahun ini pun, kami harap produk-produk Indonesia juga membawa hasil yang membanggakan,”ungkap Didi.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Miftah Farid menyampaikan, Kemendag akan memfokuskan promosi produk-produk pemenang Best Design dan Good Design 2022 tidak hanya melalui GDA di Jepang saja, tetapi juga melalui berbagai pameran di dalam dan luar negeri lewat bantuan 46 kantor perwakilan perdagangan Indonesia di sejumlah negara mitra dagang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat