unescoworldheritagesites.com

Peringati HUT Ke-77, KAI Daop 8 Percepat Laju Kereta Api - News

Ilustrasi

: Kereta Api Indonesia (KAI) daop 8 Surabaya meramaikan peringatan HUT Kereta Api ke-77 tahun 2022, dengan mempercepat waktu tempuh 5 Kereta Api Jarak Jauh mulai keberangkatan Rabu (28/9/2022) besok.

Pada momen yang sama, KAI Daop 8 Surabaya juga menggandeng tenant-tenant di lingkungan stasiun, untuk memberikan diskon kepada para penumpang maupun pengunjung yang berbelanja, atau membeli produk pada gerai yang tersedia di Stasiun.

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, kereta api yang waktu tempuhnya akan dipercepat selama periode HUT KAI ke-77 untuk keberangkatan dari Daop 8 Surabaya yaitu KA Sembrani (Surabaya Pasarturi - Gambir PP), KA Bima (Surabaya Gubeng - Gambir PP), KA Turangga (Surabaya Gubeng - Bandung PP), KA Harina (Surabaya Pasar Turi - Bandung PP), dan KA Pasundan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong PP).

Baca Juga: KAI Mulai Membuka Diri, Open House Balai Yasa Kereta Api Digelar di 3 Kota

Waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh itu akan mengalami penyingkatan waktu hingga 30 menit. Para pelanggan pun dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota.

KA Sembrani yang jadwal keberangkatannya pukul 19.25 WIB dari Stasiun Surabaya Pasarturi, sebelumnya 9 jam 32 menit, kini menjadi 9 jam 2 menit atau Selisih 30 menit. KA Bima yang berangkat 17.30 WIB sebelumnya 11 jam 35 menit, menjadi 11 jam 10 menit atau selisih 25 menit.

KA Turangga yang jadwal keberangkatannya pukul 19.00 WIB, sebelumnya 10 jam 49 menit menjadi 10 jam 19 menit atau selisih 30 menit. KA Harina yang berangkat pukul 18.10 WIB sebelumnya 11 jam 12 menit menjadi 11 jam 1 menit atau hemat waktu 11 menit.

Baca Juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Soleram, Lagu Asal Daerah Riau

KA Pasundan yang berangkat pukul 05.50 WIB, sebelumnya 14 jam 1 menit menjadi kini 13 jam 49 menit, atau selisih 12 menit. "Percepatan waktu tempuh perjalanan merupakan inovasi yang KAI lakukan agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan," ujar Luqman.

KAI Ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sesuai dengan tema ulang tahun ke-77 KAI yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. Percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September.

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Tabir Kepalsuan - Rhoma Irama

Diantaranya pembangunan jalur ganda, peningkatan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan KA meningkat dari sebelumnya 105 km per jam meningkat menjadi hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat