unescoworldheritagesites.com

KAI Mulai Membuka Diri, Open House Balai Yasa Kereta Api Digelar di 3 Kota - News

Open House Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng dihadiri ribuan orang

: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar Open House Balai Yasa Kereta Api secara serempak di 3 kota. Even ini memberi peluang bagi masyarakat untuk melihat bagaimana dapur kereta api dan tempat KAI merawat seluruh sarana kereta api, mulai dari lokomotif, kereta, KRD, KRDI, maupun KRL.

Menurut Direktur Pengelolaan Sarana KAI, Eko Purwanto, Open House ini merupakan inovasi KAI untuk membuka diri. "Open House di Balai Yasa Yogyakarta dilakukan pada Jumat (23/9/2022), di Balai Yasa Surabaya Gubeng pada Minggu (25/9/2022), dan di Balai Yasa Manggarai pada Senin (26/9/2022)," ujarnya.

Seperti diketahui, Balai Yasa merupakan bengkel kereta api yang difungsikan untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks. Mulai dari lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Tolak Ribuan Pelanggan Yang Tak Penuhi Aturan Baru Naik Kereta

Kegiatan ini tak hanya bernilai untuk edukasi tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Karena BUMN ini juga menyediakan stan-stan UMKM untuk turut berpartisipasi menjajakan berbagai produknya.

Open House Balai Yasa ini juga merupakan rangkaian dari HUT ke-77 KAI yang jatuh pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

“KAI membuka Open House di 3 Balai Yasa yang masing-masing memiliki ciri khas yang dapat terlihat kalau kita menyaksikan sendiri. Open House ini diharapkan dapat memberikan value bagi pendidikan, pemerhati, dan masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Tabir Kepalsuan - Rhoma Irama

Momen Open House Balai Yasa ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan Gerbong KA Panoramic. Kereta untuk tujuan wisata ini memiliki beragam kelebihan yang tidak dimiliki gerbong kereta penumpang.

KA Panoramic didesain memiliki jendela kaca lebih lebar, bagian atap yang bisa dibuka tutup, lampu menyala otomatis saat masuk terowongan gelap. KA ini juga memiliki suhu udara terjaga dan suspensi yang lebih bagus.

Menurut VP Public Relations KAI, Joni Martinus, saat ini KA Panoramic madih dalam proses penyempurnaan desain interior. "Kami juga masih terus melakukan evaluasi dan masih belum tahu akan digunakan untuk relasi mana," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat