unescoworldheritagesites.com

Gandeng PP Muhammadiyah, BTN Syariah Tingkatkan Penyaluran Pembiayaan Rumah Bersubsidi - News

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir saat meresmikan Perumahan Griya Ahmad Dahlab kerjasama dengan BTN Syariah  (Endang Kusumastuti)

: Unit Usaha Syariah (UUS BTN) atau BTN Syariah menggandeng kemitraan dengan berbagai komunitas maupun organisasi, untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan perumahan subsidi. Salah satunya dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhamamdiyah.

Kerjasama dengan PP Muhammadiyah tersebut diwujudkan dalam pembangunan Perumahan Griya Ahmad Dahlan, di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Salah satu proyek perumahan subsidi yang didukung pembiayaannya oleh BTN Syariah. 

"Kerjasama BTN dan Muhammadiyah di tingkat nasional sebenarnya sudah ada. Dimana PP Muhammadiyah dan BTN berkomitmen untuk membantu masyarakat luas termasuk anggota dan simpatisan Muhammadiyah," jelas Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, seusai peresmian Perumahan Griya Ahmad Dahlan, Minggu (30/10/2022).

Baca Juga: Dukung PEN, BTN Syariah Gandeng Jamkrindo Syariah

Lebih lanjut Haedar mengatakan program perumahan menjadi problem nasional, karena masih banyak warga masyarakat yang memang tidak mudah untuk mendapatkan rumah. 

"Jadi harus langkah terobosan, dan ini baru bisa dilakukan kalau ada kerjasama antara BUMN, developer dan ormas yang punya akses ke masyarakat seperti PP Muhammadiyah," jelasnya lagi.

Selain itu, rumah adalah bagian dari kesejahteraan masyarakat. Menurut Haedar, apa yang sudah dilakukan BTN dengan PP Muhammadiyah tersebut akan menjadi contoh model dua hal. 

"Yakni kerjasama kolaborasi yang baik dB yang kedua daya huni dan hunian yang membawa nilai-nilai agama dan membawa kemajuan moral keadaban dan inklusif dengan masyarakat luas. Insyaallah inilah yang diperlukan oleh bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika," paparnya.

Baca Juga: IBUL, Akhirnya Pilih KLB PSSI

Sementara itu, Kepala Cabang BTN Syariah Solo Arif Hartono, mengatakan Perumahan Griya Ahmad Dahlan memiliki 63 unit, dimana 28 unit diantaranya sudah dilakukan akad pembiayaan perumahan subsidi dengan BTN Syariah.

"Perumahan Griya Ahmad Dahlan dibangun oleh PT. Putra Bhina Karya yang juga merupakan warga Muhammadiyah," katanya.

Kerjasama dengan PP Muhammadiyah mencakup seluruh jasa dan pelayanan perbankan syariah. Salah satunya adalah melalui dukungan KYG bagi Developer Anggota Muhammadiyah dan KPR bagi seluruh warga Muhammadiyah.

Baca Juga: Rayakan Halloween di Itaewon Seoul, 149 Tewas Akibat Berdesakan di Tengah 100 Ribu Lebih  Pengunjung

"BTN Syariah akan terus membuka peluang kemitraan terkait layanan perbankan yang lain bagi warga Muhammadiyah," katanya lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat