unescoworldheritagesites.com

PT KAI Saat Ini Sudah Jual Tiket Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 - News

kereta api salah satu angkutan andalan terutama pada hari libur

: Mudik, mudik. Itulah yang terngiang setiap jelang libur Natal (2022) dan Tahun Baru (2023). Selain sudah longgar dan tidak ketat lagi sebagaimana dua tahun lalu, libur Nataru sendiri kali ini lebih banyak/panjang.

Dalam kaitan kegembiraan libur tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka penjualan tiket KA untuk masa libur Nataru  2022/2023 secara bertahap mulai Senin (7/11/2022) atau H-45 keberangkatan.

Joni Martinus, VP Public Relations KAI,  mengungkapkan periode angkutan Nataru yang ditetapkan perseroan adalah keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Tiket kereta nantinya dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.

Perusahaan membuka penjualan tiket KA Nataru lebih cepat dari biasanya, H-30 sebelum keberangkatan. "KAI memberikan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023," kata Joni, Minggu (6/11/2022).

Baca Juga: Naik Kereta Api Gratis Tut...Tut...Tut di Sulawesi Selatan

Dia meminta pelanggan agar teliti meng-input tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. "Rencanakan perjalanan sebaik mungkin," tuturnya.

Syarat naik KA sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dimana pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.

Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. "KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan pelanggan dapat terjaga," ujarnya.

KAI Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, juga sudah menjual tiket kereta api (KA) untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, baik kereta keberangkatan dari Cirebon maupun yang melintas sejak Senin (7/11/2022). “Kami sudah menjual tiket kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru," kata Kepala KAI Daop 3 Cirebon Takdir Santoso di Cirebon, Minggu (6/11/2022). 

Baca Juga: Mengabadikan Moment Saat di Stasiun dan dalam Kereta Api Ada Aturannya, Perhatikan Ini Agar Tidak Ditegur

Menurutnya pada tahun ini tiket kereta api libur Natal dan Tahun Baru 2023 bisa dipesan 45 hari sebelum keberangkatan. Selama ini KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan. Menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru 2023, KAI mengubahnya menjadi H-45 sebelum keberangkatan.

Tiket-tiket tersebut dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya. "KAI memberikan peningkatan pelayanan," ujarnya.

Takdir menambahkan, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. “Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api," ujarnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat