unescoworldheritagesites.com

Naik Kereta Api Gratis Tut...Tut...Tut di Sulawesi Selatan - News

kereta api Makassar - Parepare

 

: Masyarakat di Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini mendapat tawaran naik kereta api pertama di Sulawesi secara gratis selama masa uji coba pengoperasian terbatas. Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian,  Zulmafendi,  menawarkan naik kereta api gratis itu saat meninjau uji coba pengoperasian  terbatas jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare, Sabtu (29/10/2022). 

Bersama-sama Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman,  Zulmafendi menyebutkan bahwa selama masa uji coba pengoperasian  terbatas KA Andalan Celebes dapat ditumpangi masyarakat untuk lintas Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu. Sementara lintas sebaliknya Stasiun Mangilu menuju Stasiun Garongkong akan dilayani KA Lontara.

Zulmafendi menyebutkan bahwa jalur KA kebanggan Bumi Celebes ini merupakan salah satu jalur KA di Indonesia yang menggunakan lebar jalur rel standar (standard gauge) dengan lebar 1435 mm. “Dengan lebar jalur tersebut, kereta api di Sulawesi ini akan mampu melesat lebih cepat dan lebih nyaman daripada kereta api di Pulau Jawa,” ungkap Zulmafendi.

Baca Juga: KAI Mulai Membuka Diri, Open House Balai Yasa Kereta Api Digelar di 3 Kota

Zulmafendi juga mengungkapkan bahwa jalur KA ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Menurutnya, pemandangan indah di sepanjang jalur akan menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi penumpang KA ini.

Zulmafendi saat pencanangan naik kereta api gratis di Sulawesi Selatan
Zulmafendi saat pencanangan naik kereta api gratis di Sulawesi Selatan

 

Kawasan wisata yang dimaksudkannya seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi.

Ke depan, akan segera dioperasikan lagi Stasiun Rammang-Rammang yang sangat dekat dengan obyek wisata Geopark Rammang-Rammang. Diharapkan kehadiran jalur KA ini dapat meningkatkan arus wisatawan di Sulawesi Selatan.

Dalam tahap awal uji coba pengoperasian terbatas ini,  sepanjang 66 km jalur KA akan dilalui oleh kereta api yang dapat diakses masyarakat melalui 7 stasiun mencakup Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, dan Stasiun Mangilu.

Zulmafendi menuturkan bahwa selama uji coba pengoperasian terbatas ini, masyarakat yang ingin mencoba naik KA Andalan Celebes maupun KA Lontara dapat langsung menuju stasiun-stasiun tersebut. Uji coba operasi KA Andalan Celebes dan KA Lontara dilakukan masing-masing satu kali setiap hari, berangkat pukul 10.18 WITA dari Stasiun Garongkong selanjutnya pukul 16.05 WITA dari Stasiun Mangilu.

Baca Juga: Pelanggan Kereta Api Semakin Nyaman Saat Berada di Stasiun KA karena Ada Beragam Fasilitas

Untuk dapat mengikuti kegiatan uji coba terbatas, calon penumpang terlebih dahulu melaporkan data diri kepada petugas stasiun menyebutkan nama, alamat, nomor telepon kemudian mengisi kesan/pesan selama mengikuti kegiatan uji coba operasi tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat