unescoworldheritagesites.com

Tak Penuhi Persyaratan, Ratusan Calon Pelanggan di Daop 8 Surabaya Ditolak Naik Kereta Api - News

Suasana di salah satu stasiun KAI Daop 8 Surabaya

: PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan seluruh pelanggan yang naik KA jarak jauh dipastikan memenuhi syarat yang ditetapkan Pemerintah selama pelaksanaan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Bahkan sejak periode yang berlaku mulai 22 Desember 2022 itu, mereka sudah menolak ratusan penumpang karena terbentuk aturan tersebut.

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, mulai 22 hingga Rabu (28/12/2022), total penumpang KA jarak jauh di Daop 8 Surabaya tercatat 247.654 pelanggan. "Sebanyak 245 tidak diijinkan naik kereta api karena belum divaksin dan suhu tubuh saat diperiksa lebih dari 37,3° Celcius,' ujarnya, Kamis (29/12/2022).

seperti diketahui, pelaksanaan Angkutan Nataru 2023 di lingkungan KAI telah memasuki hari ke-7. KAI mengapresiasi seluruh pelanggan yang secara tertib memenuhi persyaratan dan melaksanakan protokol kesehatan saat menggunakan layanan transportasi kereta api.

Baca Juga: Lirik Lagu Kalih Welasku Karya Denny Caknan yang Sedang Viral

KAI daop 8 Surabaya, kata dia, tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta konsisten memastikan dan mengimbau pelanggan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan KA yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

KAI hanya memberangkatkan pelanggan yang telah memenuhi persyaratan sesuai regulasi pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan dan tidak dalam kondisi sehat tetap tidak boleh melakukan perjalanan dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

Luqman Arif juga mengingatkan pada calon pelanggan agar memperhatikan kembali ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai dengan aturan pemerintah sebelum membeli tiket agar terhindar dari resiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap.

Baca Juga: Lirik Lagu Care Bebek by Jejeg Bulan yang Mendadak Viral

Sesuai Surat Edaran 84 Kementerian Perhubungan RI yang berlaku sejak 30 Agustus 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023 untuk penumpang jarak jauh diantaranya adalah penumpang usia 18 tahun ke atas Wajib vaksin ketiga (booster), bila tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Untuk penumpang usia 13-17 tahun Wajib vaksin kedua, kalau tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. Sedangkan untuk yang berusia 6-12 tahun, diwajibkan sudah vaksin kedua, dan bila tidak / belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu.

Khusus untuk pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Baca Juga: Lirik Lagu Anak Medan - Trio Lamtama

Untuk membantu pelanggan melengkapi syarat perjalanan, Daop 8 Surabaya menyediakan layanan vaksin di 3 stasiun, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang. Selama masa angkutan Nataru 2022/2023, Daop 8 Surabaya telah melayani sebanyak 446 pelanggan yang mendapatkan vaksinasi secara gratis.

Untuk disiplin protokol kesehatan, seluruh pelanggan KA jarak jauh juga akan melalui pemeriksaan suhu tubuh di stasiun dan suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Seluruh penumpang juga akan diberikan healthy kit berupa masker pengganti sesuai standar dan pembersih tangan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat