unescoworldheritagesites.com

Bermodal Rp2 Juta, Pengusaha Gitar Lokal JGS Kini Mampu Bersaing dengan Merek Lain - News

Pengusaha gitar merek lokal JGS, Imam Masuri dalam tayangan Cerita Joni di kanal Youtube  JNE_ID (Istimewa)

: Berawal dari kesukaannya akan alat musik gitar, mendorong Imam Masuri, mengembangkan usaha memproduksi gitar. Berbekal modal Rp2.000.000, Imam membuat prototipe gitar bernerek Jogja Guitar Shop (JGS).

Menurut Imam, JGS  pertana kali dirintis tahun 2013  yang pembuatannya berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah. Dari awalnya menjual dari rumah, secara bertahap mulai memasarkan produknya secara online melalui beberapa platform penjualan. 

"Awalnya hanya dari rumahan, saya coba mulai satu gitar, dua gitar yang dibangun. Kemudian seminggu bisa lepas 12 gitar. Dulu zamannya [platform] Kaskus dan ada beberapa platform penjualan lainnya. Kemudian pengiriman menggunakan JNE," jelas  Owner JGS, Inan Masuri, dalam tayangan Cerita Joni yang tayang di kanal youtube JNE_ID. 

Baca Juga: Pemaparan Publik, Bank Jatim Catatkan Kinerja Positif Sepanjang Triwulan Pertama

Perlahan namun konsisten, Imam terus menjalani usaha tersebut. Hingga akhirnya saat ini dia memiliki rumah produksi atau bengkel produksi di Baki, Sukoharjo, serta tiga store offline di Yogjakarta dan Jakarta. Selain itu untuk penjualan online juga terus berkembang. 

Dalam tayangan Cerita Joni yang tayang di kanal youtube JNE_ID itu, Imam juga menceritakan tentang merek dagang, yang menurutnya sangat penting. Sejak awal dirinya  tidak mau menjual produknya dengan merek orang lain. Dia memilih untuk membuat merek sendiri, yang sekaligus untuk menguatkan  ciri dan identitas produknya. 

"Dari awal berdiri kami tidak menggunakan merek lain. Jadi dari blank label kami terus mengutamakan dari sisi kualitas barang. Kemudian berangkat dari situ, pada 2021 kami kepikiran, kenapa tidak menggunakan merek sendiri untuk membedakan merek kami dengan merek yang lain. Akhirnya terbersit untuk membuat produk dengan merek JGS,"  paparnya.

Baca Juga: Respon Wapres Terpilih, Soal Kemungkinan PKS Gabung ke Pemerintah

Dirinya juga selalu memastikan kualitas gitar produksinya. Melalui tim Research and Development (R&D) yang dimiliki, JGS terus mengembangkan produk dengan literasi internasional yang dibuat dengan bahan-bahan lokal. Namun untuk part tertentu, JGS tetap memanfaatkan produk pabrikan. 

"Jadi kualitasnya pun sudah mendekati kualitas pabrikan, tapi ini produk lokal.

JGS juga sangat memperhatikan kualitas suara gitar, kami juga melakukan riset dan mendengar masukan dari beberapa pemain gitar, terutama di wilayah Yogyakarta," jelas Imam lagi.

Baca Juga: Lawan Provokasi dengan Budaya Demokrasi di Ruang Digital

Untuk harga, gitar JGS bisa bersaing dengan merek lainnya. Harga gitar JGS mulai Rp500.000 hingga Rp800.000 per unit. Dengan harga itu sudah mendapatkan produk dengan play ability yang sudah enak, sound enak, build quality sudah padat dan durability sudah bisa lebih dari 10 tahun.

Cerita Joni merupakan program yang menampilkan kisah-kisah inspiratif dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang tayang di kanal Youtube JNE_ID. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat