unescoworldheritagesites.com

Kementerian BUMN Apresiasi SIG Pembina UKM Peningkat TKDN - News

Direktur CV Kawani, Yadi Taufik Nugraha (kanan) berbincang dengan Staf Ahli Kementerian BUMN tentang produk-produk peningkat TKDN di SIG

: Kementerian BUMN mengapresiasi Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan Astra yang berhasil membina salah satu UKM yang berhasil membantu meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Upaya UKM yang berhasil meningkatkan TKDN ini menjadi salah satu faktor sukses SIG meraih penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dari Kementerian Perindustrian dua tahun berturut-turut pada 2023 dan 2024.

Apresiasi disampaikan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting saat mengunjungi workshop CV Kawani yang berperan dalam peningkatan TKDN tersebut, di Bandung.

Baca Juga: Kapolres Metro Depok Terjun Langsung Pimpin Patroli Gabungan Guna Mencegah Tindak Kejahatan

Menurut Loto Srinaita Ginting, SIG telah menunjukkan keseriusannya dalam menjalankan arahan Kementerian BUMN dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Kolaborasi di mana SIG menjadi offtaker yang memberi kesempatan kepada CV Kawani untuk memproduksi sparepart Pabrik SIG, dengan menggandeng YDBA yang selama ini berpengalaman dalam mendampingi UKM, merupakan bentuk kemitraan yang baik," ujarnya.

Hal ini, kata dia, bisa menjadi inspirasi bagi BUMN dan perusahaan lainnya untuk mempercepat capaian peningkatan TKDN dari produk yang selama ini masih impor.

Baca Juga: Cegah Gangguan, PLN UIT JBN Edukasi Warga Madura jelang Idul Adha

Program pembinaan UKM untuk peningkatan TKDN sparepart pabrik SIG merupakan realisasi dari perjanjian kerja sama antara SIG dengan YDBA pada 2022 lalu.

Dalam kerja sama ini, SIG memberikan pembinaan berupa edukasi spesifikasi produk, pendampingan pembuatan prototipe, hingga uji coba dan tes performa di pabrik SIG, kepada UKM binaan YDBA.

Hingga saat ini, sebanyak 8 UKM telah berhasil memproduksi 10 jenis sparepart yang siap digunakan di pabrik-pabrik SIG, satu di antaranya adalah CV Kawani.

Baca Juga: SIM Keliling di Bandara, Kapolres: Hati Hati Penipuan, Tidak Ada Calo Laporkan Jika Ada Penyalahgunaan Oknum!

Bahkan, CV Kawani telah menerima pesanan produk wedge cooler sebanyak 1.000 pieces untuk pabrik PT Semen Gresik di Rembang.

Menurut Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, kunjungan ini menjadi bukti komitmen Kementerian BUMN dalam pengembangan UKM, sekaligus dukungan bagi SIG untuk terus meningkatkan TKDN sparepart berbasis pembinaan UKM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat