unescoworldheritagesites.com

PT Moderland Realty Tbk Gelar RUPST 2023 - News

PT Modernland mengadakan RUPST

: PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) menggelar acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di JakartaRUPST dihadiri jajaran Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, serta Notaris Perseroan. Adapun, agenda yang menjadi pembahasan, memberikan persetujuan dan Pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian dan Laporan Tahunan Perseroan, termasuk Laporan Pertanggungjawaban Direksi dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et decharge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.  

Kedua,menetapkan penggunaan keuntungan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022dengan menerima dan menyetujui bahwa tidak ada penggunaan laba untuk tahun buku 2022.Ketiga, menerima dan menyetujui pelimpahan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan gaji atau honorarium, dan tunjangan anggota Direksi untuk tahun buku 2023 serta tantiem anggota Direksi untuk tahun buku 2022. Dimana gaji atau honorarium, dan tunjangan anggota Direksi dan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2023 serta tantiem Dewan Komisaris dan Dewan Direksiuntuk tahun buku 2023 mengalami kenaikan dengan tidak melebihi 10% dari yang telah diterima tahun 2022. Keempat, menerima dan menyetujui untuk mengangkat kembali Kantor Akuntan Publik Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang dan Rekan untuk mengaudit Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian, Laporan Laba Rugi Komprihensif Konsolidasian, Laporan Perubahan Ekuitas Konsolidasian dan bagian-bagian lain terhadap Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2023. 
Baca Juga: TNI dan Komite Palang Merah Internasional Diskusi Bahas Integrasi Hukum Humaniter Internasional

Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk., William Honoris mengatakan, PT Modernland Realty Tbk. mampu melewati tahun 2022 yang penuh tantangan. Adanya kelanjutan penyebaran COVID-19 varian dan subvarian baru dan pecahnya perang Rusia dan Ukraina yang berdampak pada perekonomian global dan secara tidak langsung menambah tekanan terhadap perekonomian dalam negeri. 

Dengan diberlakukannya pencabutan PPKM, maka diharapkan adanya perbaikan dalam berbagai sektor di tahun 2023 yang ditandai dengan mobilitas masyarakat yang lebih baik. Peningkatandaya beli dan kegiatan operasional dapat berjalan lebih optimal daripelaku UMKM maupun industri besar. Hal ini diharapkan dapatmenjadi katalis positif bagi pemulihan sektor properti, baik daripermintaan akan kepemilikan rumah tapak atau susun maupunkomersial dan perkantoran dimana kegiatan masyarakat yang sudahdilakukan secara WFO serta occupancy rate hotel dan tempat umumyang kembali berangsur normal. 

Manajemen telah mengambil langkah-langkah penting dan strategisuntuk mendorong pendapatan dan mengukuhkan struktur keuangandemi mencapai pertumbuhan jangka panjang, antara lain denganmenyelesaikan proses restrukturisasi Global Bond dan penebusansebagian utang obligasi USD yang berdampak positif terhadaplikuiditas Perseroan, serta melakukan peluncuran proyek-proyekterbaru sesuai dengan strategi penjualan yang berkesinambungan. 

Baca Juga: Penyambutan Tim Sepakbola SEA Games Indonesia, Mencabik Perasaan Atlet Cabor Lain

Herman, Direktur PT Modernland Realty Tbk. mengungkapkan kinerja Keuangan Perseroan bahwa sepanjang tahun 2022, Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp1,10 triliun, menurun 45,29% dibandingkan tahun 2021 sebesarRp2,01 triliun. Penurunan pendapatan dikarenakan pada tahun 2021 adanya pengakuan pendapatan dari transaksi divestasi saham PT Astra Modern Land sebesar Rp1,00 triliun.

Beban pokok pendapatan pada tahun 2022 mengalami penurunan18,32%, menjadi Rp535,87 miliar dari sebelumnya Rp656,04 miliar. Hal ini disebabkan oleh adanya pengakuan pendapatan daritransaksi divestasi PT Astra Modern Land sebesar Rp1,00 triliun di tahun 2021.

Laba bruto yang dibukukan Perseroan di tahun 2022 mencapaisebesar Rp562,99 miliar, menurun Rp789,62 miliar atau 58,38% dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,35 triliun. Menurunnya lababruto seiring dengan penurunan pendapatan Perseroan. Laba usaha Perseroan di tahun 2022 tercatat sebesar Rp297,37 miliar, jumlah tersebut lebih rendah 35,12% dibandingkan dengantahun 2021 yang mencapai Rp458,36 miliar. Hal ini seiring denganpenurunan pendapatan Perseroan.

Hingga akhir tahun 2022, laba bersih Perseroan tahun berjalanmengalami peningkatan sebesar 148,03%, menjadi Rp20,17 miliardari sebelumnya rugi bersih Rp41,99 miliar pada tahun 2021. Peningkatan tersebut dikontribusikan oleh turunnya beban keuanganPerseroan akibat dari selesainya proses restrukturisasi utang obligasiUSD pada akhir tahun 2021, serta adanya pengakuan pendapatandari penebusan utang obligasi USD. 

Hingga akhir Desember 2022, total aset Perseroan tercatat sebesarRp13,53 triliun, atau mengalami penurunan 6,96% dari Rp14,54 triliun di tahun 2021. Hal ini terutama disebabkan adanya penebusanutang obligasi USD melalui skema reverse dutch auction.

Baca Juga: Jumat Curhat, Satlantas Polres Kendal Tanggapi Segala Permasalahan Kamtibmas Warga

Total liabilitas Perseroan pada akhir tahun 2022 tercatat sebesarRp9,30 triliun. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 10,17% atau setara dengan Rp1,05 triliun dibandingkan tahun sebelumnyayang sebesar Rp10,36 triliun. Menurunnya liabilitas Perseroan disebabkan adanya penebusan utang obligasi USD melalui skemareverse dutch auction. 

Perseroan mencatat total liabilitas jangka pendek sebesar Rp3,05 triliun pada akhir tahun 2022. Angka ini lebih rendah 11,94% dibandingkan liabilitas jangka pendek tahun 2021 yang tercatatsebesar Rp3,47 triliun. Hal tersebut sebagai akibat dari penurunanliabilitas kontrak yang diakui sebagai penjualan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat