unescoworldheritagesites.com

Lewat Sosialisasi, BPJS Ketenagakerjaan Gresik Berupaya Tingkatkan Penggunaan JMO - News

Paramita Dian Agustin, Penata Madya Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, saat sedang melakukan sosialisasi JMO kepada peserta

: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik terus melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang penggunaan aplikasi JMO milik BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, M Imam Saputra, memang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya aplikasi ini.

"Lewat sosialisasi ini diharapkan para peserta mengetahui manfaat yang ada pada aplikasi JMO. Mulai dari fitur informasi saldo, klaim JHT, layanan kantor cabang, hingga pelaporan kecelakaan kerja," ujarnya, pada Rabu (17/5/2023) lalu.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Kampuang Nan Jauh Di Mato - Lagu Daerah Sumatera Barat

Sosialisasi itu, kata dia, lebih ditekankan pada pemahaman tentang fitur dan manfaat aplikasi JMO kepada peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPJamsostek untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada peserta.

Cukup dengan menggunakan aplikasi JMO ini, pencairan klaim tidak lagi membutuhkan waktu lama. Proses ini juga bisa dilakukan di mana saja tanpa harus datang ke kantor cabang.

Caranya, kata Imam, peserta cukup melakukan download aplikasi JMO melalui Play Store dan App Store. Di dalam aplikasi itu sendiri sudah ada fitur-fitur unggulan seperti pendaftaran kepesertaan jamsostek, pembayaran iuran, kartu digital, pengkinian data, cek saldo JHT & JP, simulasi saldo JHT & KP, pengajuan dan pelacakan klaim JHT, serta layanan lainnya yang dapat dimanfaatkan peserta.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Memori Berkasih - Nella Kharisma

Selain itu, lanjut Imam, ada juga fitur pendaftaran BPU bernama “SERTAKAN” atau Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda. Melalui gerakan ini, BPJamsostek ingin mengajak seluruh pekerja formal atau Penerima Upah (PU) turut peduli terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan para pekerja BPU yang ada di sekitar mereka.

"Ini merupakan pengembangan dari menu pendaftaran peserta yang sebelumnya sudah ada di JMO. Inovasi ini merupakan jawaban atas kebutuhan para peserta yang selama ini peduli terhadap perlindungan dan kesejahteraan para pekerja BPU di dekat mereka, seperti asisten rumah tangga (ART), supir pribadi atau petugas keamanan komplek perumahan," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan para peserta terlihat antusias, baik yang ingin melakukan klaim maupun yang ingin mendapatkan informasi seputar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Tatu - Didi Kempot

Apalagi dalam kegiatan sosialisasi ini, sejumlah pejabat BPJS Ketenagakerjaan yang berkompeten langsung menjawab pertanyaan dari peserta.

JMO merupakan aplikasi seluler yang fiturnya lengkap. Peserta dapat menginstal atau mengunduh aplikasi JMO pada handphone berbasis android di Playstore dan IOS di Appstore.

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan mempermudah akses terhadap layanan peserta, tanpa harus datang ke kantor. Saat ini, kata dia, pengajuan klaim JHT di bawah Rp10 juta dapat langsung mengajukan di aplikasi dengan mudah dimana saja, kapan saja.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat