unescoworldheritagesites.com

Hari Lingkungan Hidup se Dunia, PLN Nusantara Power Bebaskan Pantai Grinting Probolinggo Dari Sampah - News

Direksi PLN Nusantara Power dan pemangku kebijakan ikut terlibat dalam CCU dalam rangka Hari Lingkungan Hidup di Pantai Grinting

: PLN Nusantara Power (PLN NP) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menggelar beragam aksi pelestarian lingkungan di unit-unit pembangkitnya. Salah satunya melalui aksi bersih pantai atau Coastal Clean Up (CCU) di Pantai Grinting, Probolinggo pada Sabtu (10/6/2023).

Sebanyak 350 peserta ikut terlibat di event CCU PLN Nusantara Power di Pantai Grinting, yang banyak bertebaran sampah plastik tersebut. Dalam waktu singkat, pantai yang diharapkan bisa menarik banyak wisatawan itu, langsu g bersih dari sampah.

Selain dari internal PLN Nusantara Power, subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara ini juga melibatkan Pemprov Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Muspika Kecamatan Paiton, Sekolah Adiwiyata, komunitas pemerhati lingkungan dan masyarakat setempat.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup se Dunia, PLN Bersama Gubenur Jatim Konvoi Motor Listrik dan Tanam Mangrove

Menurut Direktur Operasi Pembangkit Batu Bara PLN NP, Rachmanoe Indarto, momen ini selain berbentuk aksi bersih pantai, juga dilalukan penanaman 500 bibit cemara laut dan 500 bibit mangrove, hingga transplantasi terumbu karang sebanyak 1000 fragmen karang.

"Aksi bersih pantai ini diharapkan tidak hanya sebatas aksi sesaat saja, namun menjadi momentum yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan kepedulian bersama untuk melestarikan lingkungan wilayah pesisir," ujarnya.

Pohon mangrove sengaja dipilih, karena bisa mencegah abrasi pantai dan sekaligus menjadi habibat bagi ikan, udang dan kepiting. Melalui CCU ini kami harapkan kebersihan dan kelestarian di Pantai Grinting akan terus terjaga.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Buruh Tani Alias Lagu Pembebasan - Marjinal

Ungkapan senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto. Pihaknya berterima kasih atas inisiasinya dan berharap PLN NP menjadi pionir dan contoh yang baik bagi perusahaan lain untuk menciptakan kegiatan serupa.

Aksi ini juga diharapkan bakal menginisiasi warga di sekitar pantai untuk rajin kerja bhakti membersihkan pantai, agar Pantai Grinting bisa menjadi obyek wisata menarik.

"Kalau Pantai Grinting jadi obyek wisaya menarik, yang diuntungkan juga warga sekitar, karena perekonomian akan meningkat. Tapi syaratnya pantainya memang harus selalu bersih," ujarnya.

Baca Juga: Alasan Baim Wong Batal Haji, Pilih Tunda Keberangkatan Demi Menjaga Kesehatan Paula Verhoeven

Pemkab Probolinggo sendiri siap mempromosikan Pantai Grinting ini untuk mengundang perhatian wisatawan.

Mengusung tema Hari Lingkungan Hidup (HLH) Beat Plastic Pollution, PLN NP terus menggelar berbagai aksi pelestarian lingkungan melalui beragam aksi di lingkungan bisnisnya. Di internal perusahaan, beberapa unit pembangkit juga mengadakan lomba kreatif untuk mendukung HLH tahun 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat