unescoworldheritagesites.com

Launching Perayaan HUT UMKM, Menteri Teten Masduki Sebut Bentuk Apresiasi Pemerintah Kepada UMKM - News

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bersama Wali Kota Solo saat launching perayaan Hari UMKM di Solo (Endang Kusumastuti)

: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, mengatakan kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap negara luar biasa. UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) 60 persen.

"Selain itu UMKM juga menyediakan lapangan kerja sebesar 97 persen," jelas Teten Masduki, dalam konferensi pers launching Perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Rabu (14/6/2023).

Besarnya kontribusi UMKM terhadap negara itu yang melatarbelakangi adanya perayaan Hari UMKM yang akan dilaksanakan pada 10-13 Agustus 2023 di Pura Mangkunegaran Solo.

Baca Juga: Pertemuan AHY Dan Puan Maharani: Upaya Silaturahmi Untuk Menciptakan Kondisi Pemilu 2024 Yang Kondusif

Teten mengatakan Hari UMKM Nasional perlu dirayakan meriah, sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap peran UMKM terhadap negara. 

"Juga digunakan sebagai ajang promosi dan bisnis matching dengan buyer dan investor potensial serta bentuk promosi bagi kemajuan UMKM," jelasnya lagi.

Dalam perayaan Hari UMKM tersebut akan menghadirkan seluruh ekosistem UMKM dari 26 asosiasi UMKM di Indonesia sertta mengundang dari e-commerce dan juga lembaga pembiayaan. 

Baca Juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp Agar Percakapan Rahasia Tidak Bisa Diintip

Pada kesempatan itu, Teten Masduki juga mengatakan lapangan keja di sektor UMKM masih perlu ditingkatkan. Selain industrialisasi yang terus digenjot, seperti dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut dlakukan agar lapangan kerja di sektor formal tercipta. 

"Pemerintah memperperbaiki ekosistem usaha agar UMKM memiliki lebih banyak kesempatan," katanya.

Ekosistem yang diperbaiki tersebut adalah kemudahan usaha, yakni mulai dari pendirian PT atau nomor induk berusaha (NIB) , termasuk koperasi. Sehingga turunan akses pembiayaan akan lebih baik. 

Baca Juga: Dave Laksono: Pilhan Utama Airlangga Tetap Bacapres, Feksibilitas Tak Mustahil Didorong untuk Bacawapres 2024

"Termasuk sertifikasi produk lebih udah, sertifikasi halal juga,"katanya. 

Selain kemudahan usaha, pemerintah juga memper,udah akses pembiayaan. Saat ini  kredit perbankkan sektor UMKM masih rendah yakni 21 persen. Pemerinrtah menargetkan paling tidak kucuran kredit perbankan untuk UMKM sebesar 30 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat