unescoworldheritagesites.com

KemenKopUKM Membawa UMKM Masa Depan Ke Perayaan Hari UMKM Nasional 2023 Di Surakarta - News

KemenKopUKM segera menghadirkan model UMKM masa depan dalam perayaan Hari UMKM Nasional Tahun 2023 yang akan berlangsung di Kota Surakarta. (Tangkapan Layar Instagram @kemenkopukm)

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) memiliki rencana untuk menghadirkan model UMKM masa depan dalam perayaan Hari UMKM Nasional Tahun 2023.

Acara tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pemilihan Surakarta sebagai tuan rumah acara tersebut didasarkan pada keterlibatan yang aktif dari UMKM dalam berbagai kegiatan pemerintah di kota tersebut.

Baca Juga: Ditjen Hubud Bersama Operator Penerbangan Tingkatkan Keselamatan Operasional dalam Kabin Pesawat

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan bahwa perayaan Hari UMKM Nasional memiliki makna penting karena kontribusi besar UMKM terhadap negara.

Pada tahun 2022, UMKM telah menyumbang 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan menciptakan lapangan kerja hingga 97 persen.

Dalam konferensi pers yang diadakan di kantor Walikota Surakarta pada tanggal 14 Juni, MenKopUKM menyampaikan bahwa UMKM telah menjadi penopang ekonomi negara, terutama selama masa pandemi.

Meskipun mengalami tantangan, UMKM tetap bertahan dan beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan Jadi Tersangka KPK Dan Akan Dipanggil KPK Jumat Besok

Peran penting utama dari UMKM ini mendorong KemenKopUKM untuk mewujudkan UMKM yang lebih terhubung dengan teknologi dan digitalisasi.

Tak hanya itu saja peran penting dari UMKN ini adalah bertujuan untuk mampu memanfaatkan kreativitas dalam menghadapi tantangan masa depan.

Beberapa langkah yang ditekankan oleh MenKopUKM antara lain adalah mendorong UMKM untuk menggunakan platform digital dan e-commerce sebagai media pemasaran.

Hingga Desember 2022, sekitar 3,1 juta UMKM telah menggunakan platform digital hasil kolaborasi antara KemenKopUKM dan 26 Kementerian/Lembaga terkait UMKM.

Baca Juga: Sandiaga Uno Klarifikasi Konsultasi dengan Presiden Jokowi sebelum Gabung PPP: Politik Praktis?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat