unescoworldheritagesites.com

Selamat di Jalan dan Hati-hati dari Ditjen Hubdat Kemenhub - News

Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) dari Ditjen Hubdat Kemenhub

 

:  Dengan mengusung tema “Teman Sejati” Selamat di Jalan dan Hati-Hati atau Streetsforlife #Rethink Mobility, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat), Kemenhub menggelar kegiatan kick off Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) Tahun 2023, Sabtu (8/7/2023) di Monas, Jakarta.

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan menyatakan bahwa tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sehingga terwujud budaya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan.

Berdasarkan data jumlah kecelakaan yang dikeluarkan oleh Kepolisian RI, sudah selayaknya semua pemangku kepentingan menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia.

Baca Juga: Menhub Pastikan Aspek Keselamatan Terpenuhi Sebelum Beroperasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Untuk itu, ujarnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan dengan tujuan untuk menurunkan fatalitas sebesar 65 persen indeks fatalitas per 100.000 penduduk dan 85 persen indeks fatalitas per 10.000 kendaraan pada tahun 2040 

Danto menjelaskan bahwa kegiatan PNKJ ini mengacu pada tema yang dikeluarkan oleh WHO UN  Road Safety.

“Dengan tema yang selaras tersebut, maka program keselamatan yang diselenggarakan oleh Indonesia sejalan dengan kampanye keselamatan dunia. PNKJ ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun,” ucap Danto.

Baca Juga: Didukung Kebijakan Menpora Jadikan Senam Olahraga Wajib di Sekolah

Dia menuturkan bahwa kegiatan PNKJ  ini dilaksanakan juga oleh Balai Pengelola Transportasi Darat seluruh Indonesia sesuai wilayah kerjanya masing-masing.

Adapun rangkaian PNKJ pada tahun ini yaitu: 1. Kick off PNKJ sekaligus pelepasan Cycling Anywhere to Save the Earth oleh Royke Lumowa; 2. Panggung Kreasi Anak Teman Sejati; 3. Jambore Teman Sejati ; serta 4. Puncak PNKJ 2023.

Kegiatan Cycling Anywhere to Save the Earth yang dilakukan oleh Royke Lumowa ini nantinya akan bersepeda dengan misi keliling dunia dari Jakarta hingga Paris selama 1 tahun yang akan dimulai pada hari ini.

Baca Juga: Penggemar Tulus, Putri Ariani HIngga JKT 48 Jadi Satu di Konser Langit Benderang SMA Pradita Dirgantara

“Saya sangat mengapresiasi Pak Royke Lumowa dengan misi keliling dunianya bersepeda dari Jakarta menuju Paris selama ± 1 (satu) tahun, yang mana salah satu tujuannya yaitu sosialisasi sarana mobilitas yang ramah lingkungan dan menyehatkan dengan tema “Cycling Anywhere to Save the Earth,” tutur Danto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat