unescoworldheritagesites.com

Ditjen Hubud Upayakan Dekarbonasi Penerbangan - News

diskusi dekarbonisasi di bidang penerbangan

: Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berperan dalam memperhatikan kepedulian lingkungan hidup.

Dalam Focus Group Discussion (FGD), yang diselenggarakannya, dibahas upaya  mengurangi emisi (dekarbonisasi) bidang penerbangan di Indonesia dan update Kebijakan International Civil Aviation Organization (ICAO) terkait isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Terbukti, dilakukan FGD secara hybrid dengan peserta perwakilan kementerian dan lembaga terkait, operator bandar udara, operator penerbangan, perwakilan Indonesia di ICAO serta internal Kementerian Perhubungan, Selasa (1/8/2023), di Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Indonesia Dukung Program Dekarbonisasi pada Pertemuan ke-44 ASEAN MTWG di Vietnam

Direktur Jenderal Hubud M Kristi Endah Murni di tempat berbeda juga menyampaikan perlunya sosialisasi serta pembahasan tentang bagaimana upaya dekarbonasi bidang penerbangan di Indonesia dan update kebijakan yang dikeluarkan oleh ICAO secara lebih luas.

Ini penting, ujarnya, untuk mencapai kesepakatan nasional dan mengimplementasikan langkah-langkah nyata menuju dekarbonisasi di sektor penerbangan.

"Kita perlu fokus melakukan upaya yang berdampak pada sektor penerbangan terhadap lingkungan dan perkembangan teknologi dan ekonomi," tuturnya.

Baca Juga: Insentif Rp300 Miliar ke Daerah sebagai Mitigasi Dampak El Nino

Pada pelaksanaan ICAO Assembly ke-41 tahun lalu, terdapat 193 negara anggota ICAO yang telah menyepakati target kolektif dan aspirasional jangka panjang untuk penerbangan secara internasional atau “The Collective Long-Term Aspirational Goal to Reduce CO2 Emissions from International Aviation” untuk mencapai net-zero carbon pada tahun 2050.

“Oleh karena itu, sebagai anggota ICAO, Indonesia diharapkan berkontribusi sesuai dengan kemampuan nasional yang dimiliki,” ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Dukung Dekarbonisasi Pelabuhan dan Bahan Bakar Rendah Karbon

Untuk itu, pengembangan upaya dekarbonisasi sektor penerbangan dilakukan melalui upaya peningkatan teknologi, operasional, dan khususnya pengembangan bahan bakar alternatif secara komersil menjadi sangat penting untuk direncanakan dan dilaksanakan sesegera mungkin.

Kristi mengharapkan adanya koordinasi yang baik dari semua pihak dalam upaya dekarbonisasi di bidang penerbangan.

"Melalui FGD ini, kami harap kolaborasi dan sinergi antara pihak-pihak terkait dapat terjalin dengan baik untuk mendorong upaya dekarbonisasi di bidang penerbangan di Indonesia dan mendukung pencapaian target global yang telah disepakati,” harapnya.

Baca Juga: Profil Dan Biodata Pinkan Mambo Penyanyi Terkenal Yang Kini Viral Disosial Media Yuk Simak Khasusnya Disini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat