unescoworldheritagesites.com

Menhub Upayakan Ada Penerbangan Umroh Tahun Depan dari Bandara Dhoho Kediri - News

Menhub tinjau pembangunan Bandara Dhoho Kediri

: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Jumat (14/7/2023), bersama Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meninjau salah satu proyek strategis nasional (PSN) yaitu Bandara Dhoho Kediri, di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Menhub mengungkapkan akan mengupayakan adanya penerbangan umroh mulai tahun depan setelah bandara selesai dibangun bandara tersebut.

“Kami akan mulai koordinasi dengan pihak GACA (General Authority of Civil Aviation) atau Dirjen Perhubungan Udara Arab Saudi. Kalau ini disetujui pihak GACA, maka minimal kita akan buka penerbangan umroh dari Bandara Dhoho,” ujar Budi Karya.

Baca Juga: JIC dan Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan Gelar JIF 2023

Dia mengatakan, pihaknya juga akan membuka peluang untuk membuka penerbangan haji pada tahun depan.

Untuk itu dia menyarankan untuk menambah fasilitas di sekitar bandara seperti hotel dan fasilitas pendukung lainnya.

“Kami ingin memberikan suatu kualifikasi di bandara ini dengan fasilitas yang lengkap. Kami juga mohon dukungan Bupati Kediri untuk mulai mensosialisasikan bandara ini dan rencana pembukaan penerbangan umroh,” harapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Bandara Ewer Mempercepat Mobilitas Masyarakat Papua

Budi Karya Sumadi menjelaskan, terus melakukan pembahasan dan berkoordinasi secara intensif dengan pihak PT Gudang Garam sebagai pihak yang mendanai dan membangun Bandara Kediri agar penyelesaian pembangunannya dapat dilakukan sesuai dengan target dan dapat segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Kediri dan sekitarnya.

“Hari ini saya keliling melihat Bandara Kediri dari udara dan saya melihat pekerjaan yang dilakukan sangat serius mulai dari penataan tata air, fasilitasnya, dan lain sebagainya.  Untuk itu saya menyampaikan apresiasi kepada Gudang Garam, WIKA, dan Bupati Kediri dan pihak lainnya yang turut mendukung pembangunan bandara ini, ” tutur Menhub.

Baca Juga: Menhub Pastikan Pelayanan Bandara Ewer Berlangsung Baik

Budi Karya menyebut, nantinya bandara ini akan memberikan daya saing bagi daerah Jawa Timur karena berlokasi strategis dan ada sebanyak 7 kabupaten di sekitarnya.

“Terlebih dengan adanya pembangunan jalan tol yang juga menjadi proyek strategi nasional di Kediri, ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan wisata baru,” kata Budi Karya.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengungkapkan, pihaknya menargetkan  pada tahap awal bandara ini dapat digunakan sebagai penerbangan umroh.

Baca Juga: Belasan Ribu Petani Tembakau, Ketua RT, RW dan Anggota BPD Probolinggo Kini Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat