unescoworldheritagesites.com

Sulap Sampah Jadi RDF, Cara SIG Bantu Atasi Sampah Kota - News

Petugas monitor proses pengeringan sampah dengan metode biodrying di fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif

: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) turut berpartisipasi dalam mengatasi persoalan sampah kota dengan prinsip ekonomi sirkular melalui konversi sampah menjadi refuse-derived fuel (RDF).

Solusi ini tidak hanya membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan sampah, tetapi juga membantu Perusahaan mendapatkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

Menurut Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, pemanfaatan RDF sebagai bahan bakar alternatif telah diterapkan oleh anak usaha SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Pabrik Narogong dan Pabrik Cilacap.

Baca Juga: Sosialisasi BPJS Ketenegakerjaan Surabaya Darmo Terus Berlanjut, Kini Giliran UKM dan KSH Tandes

"Sejak tahun 2020 hingga 2022, total pemanfaatan RDF di dua pabrik tersebut telah mencapai 76 ribu ton, yang berasal dari TPST Bantargebang, RDF Plant Jeruklegi Cilacap dan TPST Wangon Banyumas," ujarnya, kemarin.

Di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, SBI tidak hanya memanfaatkan RDF hasil produksi RDF Plant Jeruklegi milik Pemkab Cilacap, tetapi juga menjadi inisiator sekaligus operator fasilitas RDF pertama di Indonesia.

Sejak diresmikan pada 21 Juli 2020, fasilitas RDF Cilacap kini mampu mengolah 160 ton sampah per hari untuk menghasilkan sekitar 70 ton RDF per hari. Jumlah ini berpotensi menggantikan 40 ton batu bara per hari.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat