unescoworldheritagesites.com

BPJamsostek Surabaya Darmo Sosialisasikan Manfaaat JKP Di Kalangan perisai - News

Puluhan Agen Perisai bersama jajaran BPJamsostek Surabaya Darmo usai koordinasi.

SURABAYA: BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek ) Cabang Surabaya Darmo menggelar koordinasi untuk meningkatkan pemahaman terkait informasi terkini di kalangan Agen perisai. Mereka berharap, para Agen perisai bisa menyampaikan informasi terbaru itu di kalangan pekerja, salah satunya tentang manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang diberlakukan mulai Februari 2022.

Menurut Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, koordinasi seperti ini sebenarnya sudah dilaksanakan rutin setiap tahun. "Selain sosialisasi program JKP, kegiatan ini juga digelar dalam rangka pembinaan para Agen perisai, agar mereka bisa mencapai akuisisi kepesertaan lebih optimal lagi,” ujarnya, Selasa (15/2/2022).

Di hadapan sekitar 20 Agen perisai, Guguk mengingatkan bahwa tugas mereka diantaranya adalah melaksanakan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan dan melaksanakan kegiatan akuisisi peserta. Mereka juga bertugas melakukan pengelolaan data kepesertaan BPJamsostek.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Gresik Gelar Update Layanan Untuk PLKK Dan Perisai

Para agen lapangan BPJS Ketenagakerjaan ini, kata dia, juga bertugas menyerahkan tanda bukti pembayaran iuran kepada peserta binaannya. Termasuk menginformasikan tanda bukti kepesertaan itu kepada peserta.

Dalam pertemuan yang digelar di Hotel Inn Jemursari Surabaya, pada Jum'at (11/2/2022) lalu itu, Guguk berharap ada peningkatan cakupan kepesertaan dari sektor informal atau bukan penerima upah (BPU) dan UMKM.

Dalam sosialisasi tersebut, para Agen Perisai juga diberi keterampilan untuk menguasai aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan sosialisasi dan akuisisi peserta. "Melalui update pengetahuan dan informasi ini, kami berharap para agen Perisai bisa lebih mudah masuk ke berbagai instansi bisnis," ujarnya.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa Lecut Semangat Para Agen Perisai

Mereka diharapkan bisa semakin agresif menggarap kepesertaan mulai dari sektor mikro, dengan memanfaatkan berbagai tools dan koneksi. Aplikasi itu sendiri sudah didukung sistem perbankan untuk memastikan transaksi keuangannya berjalan lebih transparan dan akuntabel.

Guguk optimis, peningkatan pemahaman manfaat dan informasi terkini BPJamsostek di kalangan Agen Perisai ini bakal banyak membantu mendongkrak jumlah kepesertaan dari sektor BPU. "Perisai sebagai perpanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan bisa menjangkau lebih banyak para pekerja dan mendorongnya untuk menjadi peserta BPJamsostek,” ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat