unescoworldheritagesites.com

KAI Commuter Mulai Uji Coba KRL Lintas Solo Balapan-Stasiun Palur - News

KRL Solo-Yogyakarta kini diperpanjang hingga Stasiun Palur (Endang Kusumastuti)

: Mulai tanggal 17 Agustus 2022, Kereta Rel Listrik (KRL)  melakukan uji coba pelayanan pengguna dengan perjalanan KRL lintas Stasiun Solo Balapan - Stasiun Palur.

Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 6 perjalanan KRL tiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres. Uji coba itu dilakukan

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah dan KAI Commuter.

Baca Juga: Wow! KGPAA Mangkunegoro X Ditunjuk Sebagai Komisaris PT KAI

Dengan adanya uji coba itu ada penyesuaian jadwal KRL Solo - Yogyakarta PP untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan KRL hingga ke Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur. 

"Namun jadwal baru tersebut tidak jauh berbeda dengan jadwal sebelumnya karena hanya memperpanjang relasi KRL hingga ke Stasiun Palur," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Rabu (17/8/2022).

KRL tetap melayani 20 KA pada hari kerja dan 24 KA pada hari libur.  Lebih lanjut Anne mengatakan, sebelumnya KAI Commuter bersama PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian tengah telah melakukan uji coba perjalanan KRL lintas Solo Balapan hingga Stasiun Palur.
 

"Yakni pada tanggal  5 dan 6, dan tanggal 12-13 April 2022 lalu untuk uji sinkronisasi sarana dan prasarana," jelasnya lagi.

Sementara pada tanggal 20-26 Juni 2022  dilakukan uji coba perjalanan KRL dengan pengguna terbatas. 

Uji coba pengoperasian perjalanan KRL tersebut dilakukan setelah selesainya pekerjaan pembangunan elektrifikasi Jalur KA lintas Solo Balapan – Solo Jebres – Palur oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah. 

Baca Juga: Lirik Lagu Ojo Dibandingke yang Dilantunkan Farel Prayoga Bikin Jokowi Kepincut. Don't Compare dengan Siapa?

Pembangunan Elektrifikasi Jalur ini dimulai pada tahun 2020 dan selesai pada tahun 2022 ini. Dalam pengoperasian tersebut, KAI Commuter dan KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah melakukan persiapan untuk memenuhi standar pelayanan di Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

"Seperti pemenuhan kursi tunggu bagi pengguna dan pengguna prioritas, toilet termasuk toilet disabilitas, Guiding block (ubin disabilitas), kursi roda untuk peengguna disabilitas, dan layanan lainnya," paparnya.

Untuk fasilitas transaksi pembelian tiket KRL, KAI Commuter menyediakan sebanyak 3 gate elektronik di stasiun Solo Jebres dan 5 gate elektronik di Stasiun Palur. 

Baca Juga: Pertama Kali, Ponpes Ngruki dan Abu Bakar Ba'asyir Laksanakan Upacara Bendera HUT RI

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat