unescoworldheritagesites.com

RS Manyar Medical Centre Surabaya Bantu Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Ratusan Pekerja Rentan - News

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa Adventus Edison Souhuwat dan Dirut RS Manyar Medical Centre, dr Wahyu Wibawanto M Kes (kiri ke kanan) usai penyerahan KPJ secara simbolis, didampingi Kabid Pelayanan Sonny Agus Dwiarso, dan Kabid Kepesertaan Program Khusus Faridah Hanum

: RS Manyar Medical Centre Surabaya melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) membantu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk 500 pekerja rentan di beberapa kelurahan di sekitar rumah sakit yang berlokasi di Jalan Manyar Surabaya tersebut.

Bantuan kepesertaan hasil kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa ini, juga diberikan RS Manyar Medical Centre Surabaya kepada 19 perangkat kelurahan. Semuanya diikutkan dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Menurut Direktur Utama RS Manyar Medical Centre Surabaya, dr Wahyu Wibawanto, M Kes, bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui GN Lingkaran ini merupakan bentuk kepedulian RS MMC terhadap pentingnya perlindungan bagi para pekerja rentan dan perangkat kelurahan.

Baca Juga: Terdepan Dalam Penanganan Masalah Kemanusiaan, Kemenko PMK Apresiasi Kinerja Baznas

"GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan ini manfaatnya besar sekali. Sejak 2022, RS Manyar Medical Centre sudah berkomitmen ikut membantu kepesertaan bagi pekerja rentan. Kami pastikan jumlah yang kami ikutkan tiap tahunnya akan bertambah, targetnya semua pekerja di sekitar kami, terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan," ujar Wahyu Wibawanto, Kamis (21/9/2023).

Penyerahan simbolis Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) kepada 3.perwakilan pekerja rentan yang berprofesi sebagai penggerak PKK, pelaku UMKM dan pedagang ini, dilakukan oleh Lurah Semolowaru, Kenny Pieter Tupamahu dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Adventus Edison Souhuwat di Hall RS RS Manyar Medical Centre Surabaya.

RS Manyar Medical Centre Surabaya berharap, partisipasi ini semakin mempererat jalinan kerjasama sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dalam memberikan pelayanan prima pada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: BPJansostek Jakarta Salemba Sosialisasikan Program Sertakan

Upaya yang dilakukan RS Manyar Medical Centre ini diapresiasi Kenny, yang menyebut masih banyak pekerja di wilayah kerjanya yang belum tahu besarnya manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

"Belum lama ini, salah satu ketua RT kami meninggal dunia dan mendapat klaim JKM Rp42 juta. Padahal dia baru 3 bulan jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jadi manfaatnya memang luar biasa," ujar Kenny.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa Adventus Edison Souhuwat, jaminan sosial yang diberikan oleh mitra PLKK kerja sama BPJamsostekini bertujuan meningkatkan solidaritas nasional untuk membantu pembayaran iuran awal kepesertaan program JKK-JKM BPJS Ketenagakerjaan para pekerja rentan melalui sistem donasi.

Baca Juga: Paramount EazyHome 2023, Produk Properti Unggulan

Bantuan ini sebagai pemicu bagi para pekerja rentan tersebut, untuk menjadi peserta mandiri ke depannya. "Para pelaku UMKM ini juga punya risiko kerja. Misal ke pasar pagi-pagi dalam kondisi mengantuk, lalu mengalami risiko di jalan. Kalau sudah jadi peserta, seluruh biaya rumah sakit, kami yang menanggung," ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Sonny ini bertekat akan terus mensukseskan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penghapusan Rentan Miskin Ekstrem, tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat