unescoworldheritagesites.com

Maksimalkan Kinerja UUS, Bank Jatim Launching Dual Banking Leveraging Model - News

Dirut Bank Jatim, Busrul Iman (kanan) usai melaunching DBLM

: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) melaunching Dual Banking Leveraging Model (DBLM), hari ini Jumat (6/10/2023).

Upaya itu dilakukan sebagai salah satu strategi Bank Jatim untuk semakin meningkatkan kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) perbankan plat merah tersebut.

Menurut Dirut Bank Jatim, Busrul Iman, konsep DBLM adalah bisnis model dimana bank mengoptimalkan infrastruktur dan sumber daya konvensional demi memperluas market share perbankan syariah.

Baca Juga: Promosikan Program-program Prioritas Pemerintah, KBRI Paris selenggarakan Forum Bisnis Indonesia-Prancis 2023

Sehingga bisa membawa dampak terhadap pertumbuhan kinerja keuangan UUS maupun bank konvensional. Melalui strategi ini, bank syariah dapat memasarkan produknya melalui tenaga pemasar maupun infrastruktur induknya.

”Jadi, perusahaan lebih efisien, karena dari sisi cost bisa turun dan sales dapat bersinergi dengan lebih baik,” ujarnya.

Melalui strategi DBLM, bank syariah tidak menjadikan bank konvensional sebagai saingan. Melainkan menjadikan bank syariah sebagai pelengkap produk bank konvensional.

Baca Juga: Asian Games 2022: Tim Dayung Dragon Boat Putra Sumbang Emas Ke-7 Indonesia di Hangzhou

"Ini merupakan strategi dalam memacu pertumbuhan berkelanjutan. Konsep DBLM di UUS Bank Jatim nantinya dapat melayani proses pembukaan dana pihak ketiga, pengajuan pembiayaan atau kredit, serta pelayanan customer service produk syariah ataupun konvensional,” ujar Busrul.

Karena itulah, kata dia, DBLM harus diimbangi dengan peningkatan pengetahuan pegawai, khususnya dalam hal perbankan syariah agar implementasinya berjalan maksimal.

Untuk awal, DBLM masih ada di Cabang Utama Surabaya. Pihaknya berharap ke depannya akan ada DBLM di seluruh kantor cabang Bank Jatim . Karena dengan DBLM, kegiatan bisnis dan operasional di UUS bisa menjadi lebih efisien sehingga pertumbuhan bisnis dapat lebih cepat.

Baca Juga: Kasad Resmikan Penggunaan Mess Berland Serta Gedung Sandi dan Siber Forensik TNI AD

Sementara, prosesi launching di Banking Hall Bank Jatim Cabang Utama Surabaya ini dihadiri Dirut Bank Jatim Busrul Iman, Direktur Kepatuhan Tonny Prasetyo, Direktur Keuangan Treasury & Global Services Edi Masrianto, Direktur Manajemen Risiko Eko Susetyono, Direktur Operasional Arif Suhirman, SEVP Corporate Transformation Budi Sumarsono, SEVP Network & Services Revi Adiana, dan SEVP Usaha Syariah Umi Rodiyah.

Dalam kesempatan itu, Busrul Iman juga memaparkan, bahwa pertumbuhan rata-rata tahunan asset UUS Bank Jatim sejak tahun 2016 – 2022 sebesar 6,43 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat