unescoworldheritagesites.com

Raih Penghargaan dari Kemendagri RI, Bank Jatim Terpacu Tingkatkan Daya Saing - News

Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin saat menerima penghargaan dari Kemendagri

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) meraih penghargaan prestisius di ajang BUMD Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Bank Jatim yang merupakan perbankan plat merah milik Pemprov Jawa Timur ini berhasil menduduki Peringkat III untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kategori Besar.

Penghargaan ini diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Suhajar Diantoro kepada Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, pada Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Kodim 1710 Mimika Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Dalam kesempatan itu, Zulhelfi menyatakan bahwa prestasi ini akan semakin memotivasi Bank Jatim untuk terus berinovasi dan meningkatkan daya saing, layanan, serta kinerja perusahaan secara berkelanjutan demi mendukung pertumbuhan ekonomi.

”Penghargaan yang diberikan kepada Bank Jatim ini karena perusahaan yang dinilai memiliki pencapaian pencapaian kinerja dan tata kelola yang baik. Dan telah melakukan inovasi yang berkelanjutan demi memberikan pelayanan publik secara optimal,” ujarnya.

Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri ini akan memacu semangat Bank Jatim untuk terus bekerja lebih baik dalam memberikan manfaat kepada para pemangku kepentingan dan pemegang saham.

Baca Juga: Gus Billy: Tak Salah Erick Thohir Melaksanakan Tradisi Berziarah di Makam Pendiri Nahdlatul Ulama (NU)

Pihaknya menyatakan bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi memberikan kontribusi positif untuk Indonesia dan pengembangan bisnis Bank Jatim secara berkelanjutan.

Terkait kinerja, Bank Jatim berhasil melewati Semester I 2023 dengan kinerja yang positif. Selama Semester I tahun ini, penyaluran kredit bankjatim mampu membukukan peningkatan yang signifikan di atas rata-rata yaitu 13,02 persen (YoY).

Untuk pertumbuhan kredit tertinggi terjadi pada sektor komersial & UKM sebesar 25,55 persen (YoY) dan sektor konsumen 5,77 persen (YoY).

Baca Juga: Kader Hubungan Industrial Penting Miliki Kemampuan Soft Skill

Pertumbuhan kredit yang telah dicapai Bank Jatim tersebut membuat LDR perusahaan semakin membaik. Dari 45,88% pada Semester I tahun 2022 menjadi meningkat 59,54% pada Semester I tahun 2023.

Penyaluran kredit juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman. Hal itu terlihat dari rasio Loan At Risk (LAR) yang mencapai angka 5,77% pada Semester I tahun 2023, atau meningkat 6,86% pada tahun sebelumnya (YoY).

Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross Bank Jatim juga ikut menurun di angka 2,80% pada Semester I 2023, naik 4,12% pada periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat