unescoworldheritagesites.com

SidoMuncul Sabet Penghargaan Paramakarya Naker Award 2023, 800 Tropi Dikoleksi, Irwan Hidayat: Dimana Ada Penghargaan, Rasa-rasanya Saya Ikut Hadir! - News

Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat didampingi HRBP Operation Manager SIDO Bezaliel Pakke dan Talent Development Donny Nugroho menerima Penghargaan Paramakarya Naker Award 2023 dari Kemenaker yang telah memberikan kontribusi terbaik bidang ketenagakerjaan, khususnya peningkatan produktivitas kerja  (AG Sofyan)

: Satu lagi prestasi gemilang disandang PT Industri Jamu Dan Farmasi SidoMuncul Tbk setelah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberikan penghargaan Naker Award kepada para Gubernur dan Perusahaan yang telah memberikan kontribusi terbaik dalam pembangunan ketenagakerjaan, khususnya dalam pemulihan pasca Pandemi Covid-19.
 
SidoMuncul kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah dengan anugerah penghargaan Paramakarya di Naker Award 2023, di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (1/12/203),
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberikan tropi Paramakarya Naker Award kepada Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat bersama dua gubernur berprestasi, satu BUMN terbaik, dan beberapa korporasi swasta terseleksi dan terbaik berdasarkan penilaian juri dari beberapa katagori. 
 
 
Untuk Penghargaan Paramakarya ini adalah penilaian seleksi nasional setelah sebelumnya SidoMuncul berhasil mendapatkan penghargaan dari tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan nama Penghargaan Siddhakarya pada tahun 2022.
 
Paramakarya merupakan penghargaan  pertama kali didapat oleh SidoMuncul di tingkat nasional dengan menyisihkan ratusan perusahaan swasta dan BUMN. 
 
Irwan menjelaskan Penghargaan Paramakarya Naker Award 2023 dari Kementerian Ketenagakerjaan itu dimenangkan untuk kategori produktivitas di perusahaan-perusahaan besar. SidoMuncul bertengger bersama 50 perusahaan berkapitalisasi besar. 
 
 
Menurutnya, penghargaan ini menunjukkan bagaimana perusahaan mampu memberdayakan tiap karyawannya sehingga merasakan kenyamanan dalam bekerja, bahagia dan membahagiakan lingkungannya serta ada sense of belonging seluruh awak pekerja SidoMuncul. 
 
Dengan begitu mereka semakin produktif dalam bekerja sehingga perusahaan dapat meraih target cuan tinggi yang pada ujungnya karyawan dan pekerja ikut sejahtera. 
 
“Yang penting sumber daya manusianya (SDM)  itu, kita maintain sebaik mungkin. Bagaimana kita melatih, mendidik mereka, mempekerjakan supaya mereka terus produktif dan mendapatkan sesuatu yang bernilai. Direksi dan Manajemen SidoMuncul menyayangi mereka (karyawan dan pekerja-red) dengan hati dan dengan niat baik. Demikian juga mereka menjadi karyawan yang baik-baik dalam bekerja sehingga mencapai produktivitas tinggi karena mencintai pekerjaan dan perusahaan dimana dia bekerja. Ini juga menjadi tempat mereka mendapatkan pelajaran berharga dari sebuah nilai kehidupan. Dan menjadi tempat latihan yang tepat kelak bermanfaat untuk keluarga dan lingkungannya,” urai salah satu owner SidoMuncul bersama 4 saudara kandungnya ini yang kini telah memiliki 4500 karyawan. 
 
 
Penghargaan berbasis pengukuran produktivitas, kata Irwan diberikan kepada SidoMuncul ini karena telah berhasil menunjukkan secara nyata keberhasilannya dalam menerapkan konsep produktivitas dan kualitas dalam kehidupan usahanya, baik secara umum maupun secara khusus di bidang produksi, pemasaran, tenaga kerja, keuangan serta penerapan dan penguasaan teknologi.
 
"Termasuk juga saya kira dinilai dari keberhasilan menjalankan dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan ketenagakerjaan nasional melalui pertumbuhan penempatan tenaga kerja baru, inklusifitas dan ramah disabilitas, pengembangan kompetensi dan karir pekerja atau buruh, serta perhatian pada perlindungan dan pemenuhan hak pekerja atau buruh," ungkap influencer sekaligus sociopreneur  yang telah mengoleksi hampir 800 penghargaan kepada SidoMuncul dari pihak manapun. 
 
Saking bejibunnya penghargaan yang diberikan kepada perusahaan jamu dan farmasi terbesar dan termodern ini hingga  menembus angka 800, Irwan berseloroh kepada wartawan saat meliput Naker Award 2023 tersebut. 
 
 
"Dimana ada penghargaan, rasa-rasanya saya pasti ikut hadir. Dan memastikan SidoMuncul mendapatkan penghargaan  tersebut. Semoga saja tahun 2024 bisa nambah jadi total 900 penghargaan. Jadi penghargaan diharapkan terus bertambah. Perusahaan pun berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik kepada karyawan maupun masyarakat luas," ucap Irwan diamini awak media.
 
Produktivitas Berbasis Kompetensi
 
Di tempat yang sama Human Resources Business Partner (HRBP) Operation Manager SidoMuncul, Bezaliel Pakke menjelaskan faktor Kepemimpinan Perusahaan juga menjadi kunci penilaian yang berpengaruh kepada produktivitas karyawan. 
 
Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat didampingi HRBP Operation Manager SIDO Bezaliel Pakke dan Talent Development Donny Nugroho menerima Penghargaan Paramakarya Naker Award 2023 dari Kemenaker yang diserahkan langsung Wapres Ma'ruf Amin didampingi Menaker Ida Fauziyah di Jakarta
Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat didampingi HRBP Operation Manager SIDO Bezaliel Pakke dan Talent Development Donny Nugroho menerima Penghargaan Paramakarya Naker Award 2023 dari Kemenaker yang diserahkan langsung Wapres Ma'ruf Amin didampingi Menaker Ida Fauziyah di Jakarta (AG Sofyan)
 
L"Jadi di dalam poin penilaian Paramakarya Naker Award 2023 juga terkait indikator pengembangan manajemen SDM, kelengkapan data, informasi, dan analisis. Kemudian hasil usaha, fokus pada pelanggan dan pasar serta manajemen proses dan perencanaan strategis," beber Bezaliel. 
 
 
Menurutnya, dari sekian banyak poin penilaian untuk penghargaan ini, pelatihan karyawan dan hal-hal terkait aspek bisnis SidoMuncul juga berpengaruh.
 
“Jadi pelatihan karyawan berbasis kompetensi yang sudah dicanangkan oleh direksi dalam rangka peningkatan produktivitas kerja menjadi komitmen dan budaya perusahaan," tandasnya.
 
Lebih lanjut Bezaliel menuturkan salah satu strategi SidoMuncul untuk meningkatkan kualitas pekerja dan karyawannya adalah dengan memberikan volume tinggi dalam pelaksanaan pelatihan-pelatihan. Sehingga diharapkan mereka bisa terus kompeten dan produktif.
 
"Kami punya namanya SIDO Academy. Kayak sekolah gitu, kompetensinya disiapkan supaya mereka terpenuhi semua standarisasi dalam bekerja. Dengan begitu mereka bisa sangat produktif,” tegas Bezaliel. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat