unescoworldheritagesites.com

Presiden Jokowi Resmikan Tiga Terminal Hasil Revitalisasi di Aceh, Padang dan Salatiga - News

Menhub Budi Karya Sumadi menyaksikan Presiden Jokowi meresmikan tiga terminal hasil revitalisasi di tiga kota.

 

: Upaya meningkatkan fasilitas pelayanan prasarana transportasi darat terus Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub.

Tiga terminal di tiga kota dilakukan revitalisasi masing-masing Terminal Tipe A Tingkir Kota Salatiga, Anak Air Kota Padang, dan Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah. Ketiga terminal tersebut diresmikan pada Rabu, 13 Desember 2023 oleh Presiden RI, Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi serta Direktur Jenderal Hubdat, Hendro Sugiatno.

Peresmian ketiga terminal tersebut  dipusatkan di Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah. Dirjen Perhubungan Darat Hendro menyampaikan, Terminal Tingkir memiliki luas lahan 10.367 meter persegi, dan luas bangunan sekitar 3.000 meter persegi dengan fasilitas yang memadai.

Baca Juga: Abu Dhabi Port Tergoda Mengelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban

"Di Terminal Tingkir ini terdapat ruang tunggu yang nyaman, fasilitas bagi UMKM, masjid, serta kios PO Bus," tutur Dirjen Hendro di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ditjen Hubdat melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Tingkir ini menurut Dirjen Hendro, sebagai upaya peningkatan pelayanan angkutan jalan.

Undang-Undang (UU) No.23/2014 tentang Pemerintah Daerah mengatur bahwa pengelolaan Terminal Tipe A yang sebelumnya dilakukan oleh Pemerintah Daerah diserahkan ke Pemerintah Pusat, dalam hal ini Ditjen Hubdat Kemenhub.

Baca Juga: Ditjen Hubdat Gelar FGD Membahas Modernisasi Terminal Tipe A

Kegiatan revitalisasi terminal ini meliputi bangunan terminal, fasilitas terminal, kantor terminal, food court (kios/agen), area parkir, area kedatangan dan pemberangkatan bus AKAP dan AKDP, ruang tunggu penumpang, serta area parkir kendaraan pribadi.

"Dengan selesainya revitalisasi ini, kami berharap calon penumpang akan merasa nyaman selama menunggu bus di area terminal," kata Hendro.

Di Terminal Tingkir ini melayani angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan juga melayani angkutan pedesaan.

Baca Juga: Terminal Tipe A Banjar Dijadikan Mal Pelayanan Publik

Selain Terminal Tipe A Tingkir, Terminal Tipe A Anak Air Kota Padang juga diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat