unescoworldheritagesites.com

Operasikan PLTM Sumber Arum 2, Pembangkit Hijau di Jawa Timur Bertambah - News

Pembangkit hijau PLTM Sumber Arum 2 ini memanfaatkan aliran Sungai Badeng

: PT PLN (Persero) kembali menambah pasokan energi dari pembangkit hijau di wilayah Jawa Tinur. Kepastian itu diperoleh usai penandatanganan Berita Acara Commercial Operation Date (COD) Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PTLM) Sumberarum 2 Banyuwangi

Menurut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, pengoperasian pembangkit hijau ini menambah deretan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) yang terus dikejar sejalan Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

"Dengan beroperasinya PLTM Sumberarum 2 menambah jumlah pembangkit hijau menjadi 38 dengan total daya 334,4 MW. Pembangkit hijau ini di antaranya ada pembangkit listrik yang bersumber pada tenaga surya, air, sampah dan biomassa," ujarnya.

Baca Juga: Bakamla RI Ikuti Rapat Koordinasi di Sabang untuk Pecahkan Solusi Penanganan Pengungsi Rohingya

Selain dapat memenuhi kebutuhan listrik hingga 3.000 rumah, keberadaan PLTM Sumberarum 2 yang memanfaatkan aliran Sungai Badeng ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas keandalan pasokan listrik khususnya di wilayah Banyuwangi.

Dalam pengelolaan PLTM dan PLTMH, 1 unit dikelola sepenuhnya oleh PLN dan 4 unit dikelola bersama dengan IPP. Lokasinya tersebar di seluruh Jawa Timur antara lain; PLTM Lodagung di Blitar, PLTMH Taman Asri di Malang, PLTM Kanzy 1 di Pasuruan, PLTM Sumber Arum 2 dan PLTM Bayu di Banyuwangi serta PLTM Sampean Baru di Bondowoso.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat