unescoworldheritagesites.com

Menhub Budi Karya Sumadi Minta Dilayani Sekitar 14 juta Penumpang Kereta Api - News

Menhub Budi Karya Sumadi minta dilayani 14 juta calon penumpang kereta api.

: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memimpin apel gelar pasukan operasi angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Lapangan Upacara Stasiun Gambir.  Dia meminta kepada seluruh petugas di stasiun untuk memastikan para penumpang kereta api dapat terlayani dengan baik di tengah lonjakan pergerakan di masa libur Nataru 2023-2024.

“Untuk sektor kereta api tercatat ada 14 juta atau 13 persen dari jumlah pergerakan penumpang di semua moda transportasi massal. Suatu jumlah yang besar dan kita harus bekerja dan melayani dengan hati yang tulus, murah senyum dan ramah, ” kata Bui Karya Sumadi, Kamis (21/12/2023).

Menhub menginstruksikan seluruh pihak terkait dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral, agar pergerakan penumpang dapat berjalan dengan aman, tertib, nyaman, dan lancar.

Baca Juga: Apel Gelar Pasukan, KAI Daop 8 Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Naik Kereta Api

“Animo masyarakat yang tinggi untuk bepergian di masa libur natal dan tahun baru ini menandakan ekonomi kita tumbuh. Kita di sektor transportasi sebagai pendukung sektor ekonomi, pariwisata, dan lainnya harus secara detail mempersiapkan dengan baik terkait ketepatan waktu, pelayanan prima, serta mengantisipasi adanya gangguan keamanan,” harapnya.

Apel Siaga di Stasiun Gambir dihadiri oleh berbagai instansi mulai PT KAI, TNI, Polri, Basarnas, Dishub, serta unsur terkait lainnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Kusworo, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten melakukan tahapan penyelenggaraan angkutan Nataru 2023/2024 untuk antisipasi cuaca buruk dan keadaan tanggap darurat.

Baca Juga: Ingin Gunakan Kereta Api Saat Libur Nataru, Tenang Masih Banyak Tiket

Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten Brigjen Pol Hermanta MH MM MMar menerangkan, pihaknya koordinasi dengan lintas instansi dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat agar pelaksanaan angkutan laut Nataru tahun ini berlangsung lancar, aman dan nyaman.

“Kesiapan penyelenggaraan angkutan laut Nataru tahun ini merupakan instruksi langsung dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut No: IR-DJPL 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” Hermanta.

KSOP Kelas I Banten telah membuka Posko Angkutan Laut Nataru dari tanggal 18 Desember 2023 s/d 8 Januari 2024, selama 21 hari mendatang dilakukan monitoring di beberapa lokasi dengan melakukan optimalisasi potensi Armada di pelabuhan Banten.

Baca Juga: Ditjen Hubdat Siapkan Layanan Penyeberangan dan Shuttle Bus Sukseskan Hari Nusantara 2023

Menurut Hermanta, kesiapan sarana dan prasarana ada 3 (tiga) pelabuhan yakni Pelabuhan PT Pelindo Regional 2 Banten Ciwandan, Pelabuhan IndahKiat (IKPP) Merak dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya Bojonegara Serang.

“Pelabuhan Pelindo dan Indahkiat (IKPP) akan digunakan sebagai contigency plan apabila Pelabuhan ASDP Merak tidak dapat menyandarkan kapal akibat cuaca buruk, selain itu juga Pelindo Regional 2 Banten menyiapkan dermaga 03 dan 07 untuk angkutan laut Nataru 2023/2024.” jelasnya.

Sebagai informasi ada 3 (tiga) jalur menuju pelabuhan Pelindo Ciwandan jika terjadi kemacetan pada arus kendaraan menuju pelabuhan Merak di antaranya, pertama jalur akses kendaraan menuju Pelabuhan dari Jalan Lingkar Selatan dan Cilegon Barat menuju Pelindo Ciwandan, kedua Jalur akses kendaraan truk menuju buffer dermaga, ketiga jalur akses kendaraan roda dua menuju dermaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat