unescoworldheritagesites.com

Bulan K3 Nasional, PLN Nusantara Power Seragamkan Kompetensi K3 di Seluruh Unit - News

Tim Fire Rescue salah satu unit PLN Nusantara Power, saat melakukan 'pemadaman, di momen Bulan K3 Nasional di UP Paiton

: PLN Nusantara Power memanfaatkan momen Bulan K3 Nasional tahun ini, untuk mengumpulkan 54 Tim Fire Rescue dari seluruh unit bisnis mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Tim yang total berjumlah 520 personil itu datang untuk mengikuti berbagai kegiatan di Unit Pembangkitan (UP) Paiton, Probolinggo.

Selain mengikuti lomba Fire Rescue Challenge dan Fitnes Drill yang digelar di Fire Service Training Center UP Paiton, ratusan personil Fire Rescue itu juga menghadiri sesi knowlegde di even Bulan K3 Nasional di UP Paiton tersebut.

Menurut Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, di momen Bulan K3 Nasional ini berkomitmen dan berupaya untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang kondusif serta mengedepankan safety pada proses bisnisnya.

Baca Juga: Sidang Perkara Dugaan Korupsi Akuisisi SBS oleh BMI, Saksi dari JPU Untungkan Terdakwa

"Tidak ada yg lebih penting dari jiwa manusia. Melalui penyelenggaraan acara Bulan K3 Nasional ini, kami ingin mengintegrasikan budaya zero accident di unit pembangkit di seluruh wilayah kerja PLN Nusantara Power," ujar Ruly.

Menurut Vice President Health Safety Security Environment (HSSE) PLN Nusantara Power, Ika Safitri, melalui perlombaan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dari resiko kebakaran yang selalu ada di setiap unit pembangkit.

Gelaran kali ini menyajikan Fire Rescue Drill dan Fitness Drill, diantaranya pemadaman api dan pertolongan pertama serta penanganan korban di ketinggian. Fitness Drill sendiri ditujukan untuk menguji ketangkasan dan daya tahan personel rescue.

Baca Juga: Airlangga Targetkan Dua Kursi di NTB I dan II DPR RI untuk Golkar, Menangkan Paslon Prabowo-Gibran di Pulau Seribu Masjid

"Tahun ini pesertanya memang terbanyak dibanding sebelumnya, karena jumlahnya bertambah 27 unit dibanding tahun lalu. Seperti kita ketahui, memang ada unit-unit yang baru bergabung dengan PLN Nusantara Power," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap Tim K3 di seluruh unit, baik yang lama maupun yang baru, memiliki kompetensi yang sama. Mereka diharapkan memiliki standar yang sama secara sumber daya manusia (SDM), skill, maupun peralatannya.

Sementara lomba yang digelar PLN Nusantara Power, Senin (15/1/2024) ini berlangsung meriah. Masing-masing tim Fire Rescue yang menjadi peserta lomba diberi kesempatan untuk mengatasi 'kebakaran' di 2 titik.

Baca Juga: Prajurit TNI AU Evakuasi Warga Penderita Penyakit Kulit Langka di Wamena yang Kondisinya Kritis

Selain 'kebakaran' di kendaraan operasional pembangkit, para peserta juga berkewajiban memadamkan api di kontainer. Semuanya diwajibkan mengikuti prosedur pemadaman sesuai SOP.

Pada hari yang sama, mereka juga mendapatkan penjelasan detil tentang beragam fungsi dan cara perawatan pakaian pemadam kebakaran yang selama ini mereka gunakan. Penjelasan disampaikan langsung oleh pihak produsen.

Hingga 25 Januari ke depan, katanya, seluruh peserta juga akan menghadiri sesi sharing knowlegde antara teman yang lama, dengan teman dari unit yang baru bergabung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat