unescoworldheritagesites.com

Jalankan Arahan Presiden Jokowi, Asparindo Kembangkan Literasi Digitalisasi Pasar Rakyat Indonesia - News

Penandatanganan MoU  pengembangan pasar rakyat digital  antara Asparindo dan Rhyne Technologies LLC bertajuk ‘Empowering Digital Growth’ di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu petang (27/3/2024).

 

SUARAKARYA. ID: Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) menggandeng mitra strategis Rhyne Technologies LLC dari Amerika Serikat.

Perusahaan ini sudah berpengalaman puluhan tahun di dunia pengembangan industri khususnya teknologi, dan akan membuat entitas usaha bersama.

Ketua Umum Asparindo Y Joko Setiyanto mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan digitalisasi di pasar rakyat.

Baca Juga: Sinergi Asparindo-CC Palm Trading dalam Penyediaan Minyak Goreng dan Pakan Ternak di 14 Ribu Pasar

Digitalisasi pasar ini concern pada pengembangan transaksi jual beli, payment gateway, e-wallet, dan layanan fintech lainnya.

“Hal ini sejalan dengan acara rapat kerja nasional (Rakernas) Asparindo tanggal
12 Desember 2018, dengan Tema ‘Digitalisasi Pasar Rakyat’ dan acaranya dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo untuk mendorong literasi digitalisasi pada perekonomian pasar rakyat,” kata Joko.

Hal itu dikatakan Joko usai meneken nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rhyne Technologies LLC bertajuk ‘Empowering Digital Growth’ di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu petang (27/3/2024).

Baca Juga: Literasi Digital Dibutuhkan Pelaku UMKM untuk Bersaing di Pasar Digital

Para pengurus Asparindo dan mitra bisnis foto bersama dengan Ketua Asparindo  Y Joko Setiyanto (keempat dari kanan) foto bersama usai menandatangani  MoU pengembangan pasar  rakyat digital di kawasan Cempaka Putih, Rabu (27/3/2024).
Para pengurus Asparindo dan mitra bisnis foto bersama dengan Ketua Asparindo Y Joko Setiyanto (keempat dari kanan) foto bersama usai menandatangani MoU pengembangan pasar rakyat digital di kawasan Cempaka Putih, Rabu (27/3/2024).

Turut hadir CEO Rhyne Technologies LLC Mr. Quang Buu Tran dan kolega.

“Dengan adanya rencana kerjasama ini, Asparindo dapat ikut mendorong peningkatan SDM yang ada dan omzet penjualan para pedagang pasar, serta membantu mempermudah akses serta profiling untuk kemudahan mendapatkan permodalan,” ucapnya.

Joko berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi, baik pihak pengelola pasar maupun pedagang pasar. Tidak menutup kemungkinan, lanjut dia, Asparindo juga mendorong digitalisasi di sektor lainnya seperti UMKM, perikanan, peternakan dan perkebunan.

“Sejak Asparindo diinisiasi pada tahun 2004, kiprah kami selama 20 tahun telah melakukan program-program yang bersinergi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga (K/L),” tuturnya.

Baca Juga: Menginjak Pasar Digital, UMKM Harus Memiliki Produk Berdayasaing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat