unescoworldheritagesites.com

Arus Tertinggi Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Mulai H-7 hingga H-2 - News

Arus mudik Lebaran tertinggi diprediksi H-7 sampai H-2.

: Kemenhub memperkirakan pemudik tahun ini mencapai 190 juta jiwa. Dengan jumlah ini kepadatan saat puncak arus mudik Lebaran 2024 akan melebihi tahun sebelumnya.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pergerakan pemudik akan terjadi pada H-7 atau Rabu (3/4) hingga H-2 (8/4) Lebaran.

"Riset kami menunjukan pergerakan masyarakat akan dimulai H-7 hingga tertinggi di H-2," kata Adita. Sementara, kembalinya puncak di H+3 dan bisa dikatakan hampir bersamaan," katanya.

Baca Juga: Puluhan Pembalap Liar Jelang Sahur Digagalkan Polisi, 29 Motor Ditahan, Ambil Pasca Lebaran Ketupat

Kendati pemudik sudah bergerak sejak H-7, tetap saja lalu lintas saat puncak arus mudik bakal tetap padat. "Kalau secara angka, kemungkinan akan lebih padat (dari tahun lalu), karena animo berpergian tahun ini juga lebih besar, meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu," ungkapnya.

Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi titik rawan kemacetan di jalur mudik Lebaran 2024. Mengantisipasi padatnya kendaraan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan strategi penanganannya. "Cipali jadi satu tempat puncak, memang sudah kita perkirakan," kata Budi kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (29/3/2024).

Budi mengatakan secara teknis yang bisa dipertanggungjawabkan V/C rasio yaitu perbandingan volume dengan kapasitas. V/C rasio tidak boleh lebih dari 0,7.

Baca Juga: Tunjukkan Kesiapan Petugas Jelang Lebaran 2024, Jasa Marga Gelar Kick Off Jasa Marga Siaga

"Oleh karenanya dalam rapat yang kita lakukan, kita hitung secara teknis yang bisa dipertanggungjawabkan adalah V/C rasio, nggak boleh lebih dari 0,7. Jadi volume dibanding kapasitas nggak lebih dari 0,7," katanya.

Mencegah lonjakan kendaraan di Tol Cipali, Kemenhub sudah memberi rekomendasi ke Kakorlantas untuk menetapkan jam contraflow, one way. Serta kemungkinan pemberlakuan ganjil genap (gage) di Tol Cipali.

Mengenai kesiapan transportasi udara angkutan Lebaran 2024 dengan pemangku kepentingan terkait serta melakukan ramp check pesawat Garuda Indonesia dan Lion Air, Menhub menyampaikan berbagai antisipasi serta upaya peningkatan layanan  melalui angkutan udara telah dilakukan.

Baca Juga: Stock Pangan Aman Jelang Lebaran Idul Fitri, Masyarakat Jakarta Diminta Tidak Perlu Panic Buying

Dari data pemesanan tiket pesawat, jumlah tertinggi terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran. "Dengan data itu kami selaku regulator sudah membahas dengan teman-teman operator menghimbau masyarakat untuk menggunakan penerbangan lebih awal, yakni di H-10 sampai H-5. Di situ nanti bisa dapat diskon dan sebagainya," tuturnya.

Menurut data PT Angkasa Pura Indonesia, rata-rata jumlah penumpang pada masa angkutan lebaran 2024 (3 April - 18 April 2024) naik 9 persen dibanding rata-rata penumpang pada hari biasa. Di sisi lain, operator pesawat juga telah menambah jumlah penerbangan untuk mengakomodir tingginya jumlah pemudik. Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, ekstra flight direncanakan sebanyak 1.539, yakni 82 penerbangan internasional dan 1.457 penerbangan domestik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat