unescoworldheritagesites.com

Arus Balik, KAI Commuter Wilayah 8 Siapkan Antisipasi Penerapan Kebijakan WFH dan WFO - News

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat memberi penjelasan terkait persiapan penerapan kombinasi WFH dan WFO bagi ASN

: KAI Commuter sudah mengantisipasi lonjakan penumpang terkait kebijakan baru pemerintah tentang penerapan kombinasi WFH (work from home) dan WFO (work from office) bagi ASN dalam 2 hari ke depan.

"Kebijakan pemerintah tentang kombinasi WFH dan WFO ini memang mengubah sedikit prediksi dari jumlah penumpang KA Komuter dalam 2 hari ke depan," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Senin (15/4/2024).

Menurut Anne, persiapan terkait penerapan kombinasi WFH dan WFO ini harus dilakukan KAI Commuter, karena karakteristik Kota Surabaya sama seperti Jakarta yang menjadi daerah tujuan mudik dan juga yang ditinggalkan pemudik.

Baca Juga: Menhub Sambut Baik WFH bagi ASN Guna Urai Kepadatan Arus Balik Lebaran 2024

Seperti diketahui, Pemerintah berusaha mengurangi kemacetan arus balik dendan menetapkan aturan baru terkait penerapan kombinasi WFH dan WFO bagi pegawai ASN (aparatur sipil negara).

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SE MenPAN-RB) Nomor 01 Tahun 2024, aturan WFO dan WFH bagi pegawai ASN usai libur lebaran berlaku pada tanggal 16-17 April 2024.

Dalam hal ini, pemerintah mempersilakan pegawai ASN untuk menunda kepulangan mudik. Mereka dipersilakan pulang mudik pada hari Rabu (tanggal 17 Arpil 2024) dan Kamis (tanggal 18 April 2024).

Baca Juga: Uji Coba WFH bagi Pegawai Non-Pelayanan Langsung dan PJJ di Sekolah Sekitar Lokasi KTT Asean

Anne Purba dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa selama masa cuti dan libur lebaran, mulai 6 hingga 14 April 2024 sudah ada 349.371 penumpang yang bepergian menggunakan commuter line di wilayah 8 Surabaya.

Volume pengguna commuter line wilayah 8 Surabaya tertinggi terjadi pada 13 April 2024 yang mencapai 44.963 orang dan menjadi volume tertinggi selama April 2024.

Sedangkan stasiun yang paling ramai adalah Stasiun Surabaya Gubeng dengan 87.862 penumpang yang naik. Disusul Stasiun Wonokromo dengan pengguna sebanyak 49.132 orang, Stasiun Sidoarjo 40.684 orang, Stasiun Surabaya Pasar Turi 35.711 orang, dan Stasiun Malang 37.938 orang.

Baca Juga: Peduli Kepada Petugas Penjaga Perlintasan Rel Kereta Api, Ketua Umum KADIN DKI Diana Dewi Bagikan 200 Paket Sembako

Selama masa angkutan lebaran KAI Commuter di wilayah 8 Surabaya mengoperasikan 60 perjalanan commuter line setiap harinya. Jumlah itu terdiri dari 3 trainset KRD dan 9 rangkaian kereta ekonomi yang dioperasikan untuk melayani tujuan Surabaya, Malang, Blitar, Kertosono, Cepu, Sidoarjo, dan sekitarnya.

Untuk pelayanan dan keamanan selama masa angkutan lebaran, KAI Commuter menyiagakan 204 petugas pengamanan stasiun dan 93 petugas pengamanan di dalam perjalanan commuter line.

Sedangkan untuk layanan pemesanan atau pembelian tiket, KAI Commuter menyiapkan 85 petugas. KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan kebijakan pelayanan yaitu kursi prioritas sebanyak 4 tempat duduk per keretanya.

Baca Juga: Jalan Pansela Dukung Kelancaran Arus Lalin Lebaran 2024

KAI Commuter wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan batas maksimal pada setiap perjalanan. Jika jarak tempuh kurang dari 100 kilometer, batas maksimal penumpang sebanyak 150 persen atau 159 pengguna setiap kereta.

Sedangkan jika jarak tempuh lebih dari 100 kilometer, diberlakukan batas maksimal sebesar 120 persen dari total tempat duduk atau 128 orang setiap keretanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat