unescoworldheritagesites.com

KAI Commuter Kenalkan Kembali Penggunaan KMT untuk Pengguna Commuter Line Solo Yogyakarta - News

Pengguna KRL Solo-Yogyakarta di Stasiun Solo Balapan (Endang Kusumastuti)

 

: KAI Commuter melakukan sosialisasi layanan perjalanan Commuter Line  Yogyakarta -Solo dan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo. Melalui Roadshow Commuterline Gaya Generasi Urban #Pilihan Cerdas di Stasiun Solo Balapan  Minggu (27/8/2023)

Dalam roadshow itu, KAI Commuter mengenalkan kembali Kartu Multi Trip (KMT) sebagai sistem integrasi pembayaran moda transportasi publik. KMT bisa digunakan juga di Trans Jogja maupun Trans Jatemg.

"Dengan KMT memudahkan pelanggan terutana commuter line dalam bertransaksi. Kartu KMT di Yogja,Solo bisa digunakan di  juga di  Trans Jakarta ,untuk MRT, LRT," jelas Dirut PT Kereta Commuter Indonesia, Asdo Artriviyanto dalam acara tersebut.

Baca Juga: Musisi, Artis dan Selebirtis Bentuk Rumah Kita Extravaganjar, Optimis Ganjar Presiden

Asdo juga menyebut saat ini jumlah penumpang Commuter Line Yogyakarta-Solo terus mengalami penigkatan bahkan mencapai tiga kali lipat dibanding saat awal diluncurkan.

"Pertama kali beroperasinya KRL ini hariannya kurang lebih sekitar 4000 sampai 5000 dan saat ini kita sudah mencapai sekitar 15.000 penumpang per hari," jelasnya lagi.

Pihak KA Commuter juga melakukan perbaikan grafiik peejalanan untuk mengakomodasi pengguna commuter line Yogyakarta-Palur. Hingga tahun 2023 KRL Yogyakarta-Solo sudah mengangkut sebanyak total 3,6 juta orang. 

Baca Juga: Pemprov Jawa Timur Bersama Bank Jatim Salurkan Bantuan Langsung Tunai untuk Buruh Pabrik

"Sedangkan untuk KA Prameks Yogya-Kutoarjo kalau dulu setiap hari sekitar 500-an penumpang dan saat weekend 1.000 orang tapi sekarang sudah mencapai 2.000 an penumpang per hari," katanya.

Senior Manager Area VI Yogyakarta PT Kereta Commuter Indonesia, Adli Hakim Nasution, menambahkan beroperasinya commuter line di Solo mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat.

"Apalagi sejak dihubungkannya dengan Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur. Di Solo Jebres saat dibuka jumlah pengguna 150 hingga 200 per hari kini sudah 800 hingga 1.00 per hari," katanya.

Baca Juga: Sebuah Tabung Gas Memiliki Diameter 14 cm. Jika Luas Selimut Tabung Adalah 440 cm², Hitunglah Volume Gas Dalam

Dalam acara roadshow itu juga dihadiri Kepala KAI Daop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo. Dirinya juga menyampaikan imovasi yang dilakukan PT KAI yakni melalui fitur-fitur di aplikasi Access by KAI.

Dalam roadshow itu pun  mengenalkan Aplikasi C-Access. Aplikasi ini merupakan re-branding atas aplikasi milik KAI Commuter terdahulu yang bernama KRL Access, di mana terdapat penambahan fitur-fitur terbaru pada aplikasi C-Access guna peningkatan layanan kepada pengguna commuter line. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat