unescoworldheritagesites.com

Imbas Pemanggilan KPPU, Harga Tiket 7 Maskapai Tak Lagi Setinggi Lebaran Tahun Lalu - News

Anggota KPPU RI, Rhido Jusmadi (tengah) didampingi Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy R Sutrisno (kanan)

: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat, harga tiket pesawat 7 maskapai penerbangan pada musim lebaran tahun ini, tidak lagi melebihi periode mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Kenyataan tentang harga tiket peswat yang tak setinggi tahun lalu itu, diperoleh setelah KPPU memanggil 7 maskapai penerbangan terkait kewajiban pelaksanaan Putusan KPPU Nomor 15/KPPU-I/2019.

“Pantauan kami, harga tiket penerbangan ke beberapa tujuan dalam masa mudik lebaran tahun ini memanf sudah lagi tidak mencapai tertinggi pada musim mudik lebaran tahun–tahun sebelumnya,” ujar Anggota KPPU RI, Rhido Jusmadi di Surabaya, Selasa (16/4/2024) .

Baca Juga: Titik Rawan Kecelakaan di Bekasi Utara, FPRB Ingatkan Pelaku Usaha Perhatikan Sapras

Sebelumnya, KPPU memangggil 7 maskapai penerbangan untuk memastikan penyebab kenaikan harga tiket pesawat.

Ketujuh maskapai penerbangan itu antara lain, PT Batik Air Indonesia, PT Garuda Indonesia Tbk, PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT NAM Air, PT Lion Air dan PT Wings Air Abadi.

Pihaknya berharap, harga tiket pesawat dapat dinikmati oleh masyarakat yang melakukan mudik dalam rangka merayakan Idul Fitri 1445 H.

Baca Juga: PPATK Siap Bantu KPPU Tangani Pelanggaran Persaingan Usaha yang Berkaitan TPPU

Dalam kesempatan itu, Rhido juga menjelaskan bahwa saat ini KPPU juga sedang mengkaji masalah perdagangan avtur di Indonesia. Karena avtur ini berkontribusi hingga 40 persen atas biaya penerbangan.

“KPPU perlu melihat lebih jauh tentang hal apa saja yang bisa membuat biaya avtur menjadi lebih efisien. Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada harga tiket pesawat yang lebih kompetitif,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy R Sutrisno juga menjelaskan tentang perkembangan beberapa pengawasan yang telah dilakukan.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Pertama Hari Kerja Pj Gubernur DKI Gelar Halal Bihalal bersama ASN

Terkait bahan pangan misalnya, berdasarkan pantauan sejak hari pertama puasa, bahan pangan terpantau tetap terkendali meskipun mengalami kenaikan di beberapa komoditas Tapi dari sisi pasokan dan ketersediaan, relatif terkendali.

“Pantauan KPPU Kanwil IV di Pasar Tambakrejo Surabaya pada selasa (16/4/2024), dibandingkan dengan posisi harga di tanggal 1 April 2024, beberapa bahan pangan sedikit mengalami peningkatan harga,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat