unescoworldheritagesites.com

Telkom Reboisasi Belasan Ribu Hektar Lahan Kritis di 4 Provinsi - News

Salah satu lahan kritis yang dilakukan reboisasi oleh Telkom

: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendukung pemerintah dalam pemulihan lahan kritis dan pembangunan berkelanjutan dengan reboisadi.

Sepanjang 2023, Telkom telah melaksanakan pemulihan lahan kritis di beberapa titik di Indonesia seperti Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Reboisasi ini dilakukan Telkom karena berdasarkan Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022, luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Kondisi ini terjadi akibat tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman yang dilakukan masyarakat.

Baca Juga: Ketua PW IKA PMII Jawa Barat, Nu'man Abdul Hakim Tekankan Pentingnya Integritas dalam Kepemimpinan Masa Depan

Senior General Manager Community Development Center Telkom, Hery Susanto, menjelaskan bahwa bentuk bantuan yang disalurkan berupa reboisasi lahan kritis dan konservasi alam penanaman pohon.

"Total bibit yang disalurkan sebanyak 33.800 bibit untuk 82,1 Ha luas lahan yang tersebar di 4 provinsi," ujarnya

Dia menjelaskan bahwa reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan air hujan yang berturut-turut.

Baca Juga: Gelar Temu Bisnis: Kemenperin Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel, Dorong kemandirian Industri Kecil Menengah

Kegiatan reboisasi lahan kritis ini dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah serta membuat udara yang dihirup oleh masyarakat tetap bersih dan sehat.

Lahan-lahan yang telah direboisasi ini pun dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang juga mendukung peningkatan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat sekitar.

“Intervensi sosial dilakukan Telkom Indonesia demi menciptakan perubahan terencana terhadap masyarakat, baik individu maupun komunitas ke arah yang lebih baik melalui program-program yang berkelanjutan," ujarnya.

Baca Juga: Program Seal The Deal Damai Putra Group Banjir Apresiasi.

Pihaknya juga senantiasa mengukur dan mengevaluasi keberhasilan atas upaya-upaya yang telah dilakukan untuk memastikan fungsi sosial yang dijalankan sesuai dengan harapan.

Salah satu penerima bantuan, Wawan yang juga merupakan anggota kelompok tani menyebut program reboisasi sangat membantu mereka melewati fase pasca bencana di tahun 2020 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat