unescoworldheritagesites.com

Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Bali untuk Pimpin KTT World Water Forum - News

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kedatangan Presiden RI Ir. Joko Widodo di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (19/05/2024). Foto: Biro Pers, Sekretariat Presiden

: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo beserta rombongan yang tiba dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1, bertempat di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (19/05/2024)

Kedatangan Presiden RI dalam rangka memimpin jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum 2024 yang dihadiri oleh Kepala Negara/Perdana Menteri untuk membahas dengan serius isu krisis air dunia, bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Setibanya di Base Ops Lanud, Presiden RI beserta rombongan langsung menuju acara Welcoming Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dengan pengawalan ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden.

Baca Juga: Jelang KTT World Water Forum di Bali, TNI Gelar Tactical Floor Game

Untuk diketahui, Welcoming Gala Dinner dihadiri oleh 2.500 orang, terdiri dari 500 orang VVIP dan VIP di GWK Cultural Park, serta 2.000 undangan lainnya di GWK Lotus Pond. 

 

Satuan Tugas Udara (Satgasud) Operasi Pengamanan VVIP KTT World Water Forum ke-10. Foto: Puspen TNI
Satuan Tugas Udara (Satgasud) Operasi Pengamanan VVIP KTT World Water Forum ke-10. Foto: Puspen TNI

Satgasud PAM VVIP KTT WWF

Sementara itu Satuan Tugas Udara (Satgasud) Operasi Pengamanan VVIP KTT World Water Forum ke-10 melaksanakan tugas melaksanakan penegakkan hukum dan pengamanan wilayah udara, mobilitas udara, pengamatan udara dan teknologi cuaca pada kegiatan KTT World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali.

Hal tersebut disampaikan Dansubsatgas Mobud pengamanan VVIP KTT World Water Forum ke-10 Kolonel Pnb Asep Wahyu Wijaya saat memberikan statement, bertempat di Pos Komando Taktis (Poskotis) Satgasud Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (19/5/2024).

Baca Juga: Rantis Lapis Baja Hingga Motor Kawal TNI Siap Amankan KTT World Water Forum di Bali

Dansubsatgas Mobud Kolonel Pnb Asep Wahyu Wijaya yang sehari-hari menjabat Danwing 4 ATS menyampaikan bahwa Satgasud terdiri dari tiga Subsatgas yakni Subsatgas Mobud, Subsatgas Khusus, dan Subsatgas Gakumpamwilud.

"Subsatgas Mobud  bertugas melaksanakan standby evakuasi baik medis maupun personel, dengan menggunakan pesawat fixwing yaitu pesawat Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh dan Skadron Udara 33 Wing Udara 5 Lanud Hasanuddin serta helikopter dari Skadron Udara 6, Skadron Udara 8 dan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, helikopter VVIP dari Skadron Udara 45 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, helikopter Panther dari Skadron 100 TNI AL serta tiga helikopter dari Polri,"  jelasnya.

Sedangkan Subsatgas  Gakumpamwilud terdiri dari unsur Sergap terdiri dari pesawat F-16, Su 27/30 dan T-50i. Unsur Rudal terdiri dari Smart Hunter dan Tune Chiron, unsur Radar terdiri dari Satrad 221, Satrad 222, Satrad 223 dan Satrad 226, MCC Bandara Ngurah Rai,  MCC Surabaya dan MCC Makassar serta Unsur Anti Drone.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat