unescoworldheritagesites.com

Presiden Jokowi di WWF ke 10, 72 Persen Permukaan Bumi Ditutup Air, Hanya 1 Persen Bisa Diakses - News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat membuka acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Senin (20/5/2024), menyinggung soal mayoritas permukaan bumi yang ditutup dengan air.

: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat membuka acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Senin (20/5/2024), menyinggung soal mayoritas permukaan bumi yang ditutup dengan air.

Menurut Presiden Jokowi, dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya satu persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi. Bahkan di tahun 2050 nanti, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa 500 juta petani kecil sebagai penyumbang 80 persen pangan dunia diprediksi paling rentan mengalami kekeringan."Tanpa Air tidak ada makanan, tidak ada perdamaian, tidak ada kehidupan. No water, no life, no growth. Oleh sebab itu air harus dikelola dengan baik karena setiap tetesnya sangat berharga," ujar Presiden.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berharap WWF ke 10 Bisa Perkuat Kolaborasi Negara-Negara Peserta

Presiden Jokowi juga menjelaskan, Indonesia kaya dengan ke kearifan lokal dalam pengelolaan air, mulai dari sepanjang garis pantai, pinggiran, aliran sungai hingga tepian danau."Masyarakat kami memiliki nilai budaya terhadap air, salah satunya adalah sistem pengairan Subak di Bali yang dipraktikkan sejak abad ke-11 yang lalu dan diakui sebagai warisan budaya dunia,"jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyinggung tema "air bagi kemakmuran bersama" di acara itu. Menurutnya, hal tersebut dapat dimaknai menjadi 3 prinsip dasar. Yaitu, menghindari persaingan, mengedepankan pemerataan, dan kerja sama inklusif serta menyokong perdamaian dan kemakmuran bersama. Di mana ketiganya hanya bisa terwujud dengan sebuah kata kunci, yaitu kolaborasi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat