unescoworldheritagesites.com

Bandara Douw Aturure di Papua Tengah Segera Dikembangkan - News

Penandatangan kesepakatan pengembangan Bandara Douw Aturure.

: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara (Hubud) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Pembangunan dan Pengembangan Bandara Douw Aturure Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah, Kamis (13/6/2024) di kantor Kemenhub, Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Hubud, Maria Kristi Endah Murni dan Pj Gubernur Papua Tengah Dr Ribka Haluk SSos MM.  Kesepakatan ini meliputi pembangunan dan pengembangan bandar udara sesuai rencana induk, pengoperasian bandara serta hibah hasil pembangunan dari Pemprov Papua Tengah kepada Kemenhub.

Tujuan kesepakatan ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terhadap transportasi udara dari dan ke Kabupaten Nabire serta mendukung kegiatan perekonomian, perdagangan dan pariwisata di wilayah tersebut.

Baca Juga: Kemenhub Terima Hibah Tanah dari BPN Kota Palu untuk Pengembangan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri

Bandara Douw Aturure telah diresmikan pada November 2023 lalu oleh Presiden RI Joko Widodo. Memiliki runway 1600 meter x 30 meter, dapat mengakomodir pesawat udara jenis ATR-72 seri 600. Terminal penumpang berukuran 6.320 meter persegi sehingga dapat menampung 12,799 penumpang pertahun. Saat ini terdapat tiga rute penerbangan yaitu Nabire - Timika (10x / minggu), Nabire - Manokwari 1x /hari), Nabire - Jayapura (2x/hari).

Bandara ini rencananya akan dikembangkan dengan ukuran runway menjadi 2.500 x 45 meter yang dapat didarati oleh pesawat sejenis Boeing dan terminal penumpang menjadi 11.000 meter persegi yang dapat menampung 573.700 penumpang pertahun.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dan komitmen Pemprov Papua Tengah dalam pembangunan dan pengembangan bandara serta melakukan pengawasan tata ruang di kawasan keselamatan operasi penerbangan,” tutur Kristi.

Baca Juga: Ditjen Hubud Apresiasi Penyerahan BMD Kabupaten Mahakam Ulu untuk Pengembangan Bandara Datah Dawai

Kristi memerintahkan kepada jajarannya agar meningkatkan koordinasi dengan pemda setempat, guna menjamin keselamatan dan keamanan serta membuka konektivitas di Provinsi Papua Tengah. "Saya juga meminta kepada Pemprov. Papua Tengah dan daerah sekitarnya untuk dapat menjamin keterisian penumpang (load factor), dengan mempromosikan pariwisata didaerahnya serta meningkatkan sektor industri dan perdagangan," katanya.

Pj Gubernur Papua Tengah Dr Ribka Haluk mengungkapkan, Papua Tengah sebagai daerah otonom baru sedang giat-giatnya melakukan pembangunan di segala bidang, termasuk perpindahan Bandara Douw Aturure yang dilakukan pada awal 2024.

"Kita bersyukur, bandara baru sudah beroperasi secara baik dan sudah reguler melayani penerbangan antar provinsi maupun kabupaten. Kami mendorong maskapai lain untuk beroperasi ke bandara ini menggunakan pesawat sejenis Boeing. Kami berharap pengembangan bandara ini selesai pada November 2024 sehingga bandara ini bisa menjadi kado natal 2024 bagi masyarakat Papua Tengah,” kata Ribka Haluk.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat