unescoworldheritagesites.com

Ditjen Hubud Pastikan Kelancaran Keberangkatan Calon Jemaah Haji dari Bandara Hang Nadim - News

Ditjen Hubud pastikan lancar penerbangan calon  jamaah haji dari Bandara Hang Nadim Batam.

:  Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan sebagai kepanjangan tangan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan memastikan penerbangan haji kelompok terbang (kloter) dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Jeddah, Arab Saudi berjalan dengan aman dan lancar.

"Dari total 12.437 calon jemaah haji yang dibagi menjadi 28 kloter. Sampai hari ini sudah kloter 16 yang terdiri dari 7.092 calon jemaah haji yang diberangkatkan," jelas Kepala Bidang Pengoperasian dan Pelayanan Bandar Udara, Maraden Purba (28/5/2024).

Dia menuturkan calon jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Batam berasal dari Kepulauan Riau, Riau, dan Provinsi Kalimantan Barat, dengan menggunakan Pesawat Saudi Arabian Airlines berjenis Boeing 747-400.

Baca Juga: Garuda Indonesia Ditegur Keras dan Diperintahkan Perbaiki Layanan Penerbangan Haji 2024

Maraden Purba mengungkapkan Bandara Internasional Hang Nadim juga telah mempersiapkan fasilitas pelayanan bagi calon jemaah haji lansia dan berkebutuhan khusus.

"Calon jemaah haji tertua tahun ini  berusia 93 tahun. Untuk itu telah disediakan kursi roda dan petugas haji yang akan membantu proses keberangkatan dari asrama hingga menuju ke pesawat," katanya.

Adapun proses kedatangan calon jemaah haji hadir di asrama satu hari sebelum keberangkatan, untuk istirahat dan proses pemeriksaan bagasi tercatat dan bagasi kabin guna keamanan dan keselamatan penerbangan.

Peralatan pengecekan berupa x-ray gudang, x-ray kabin, hand metal detector dan juga walktrough metal detector berfungsi dengan baik. Begitupun dengan Wheelchair, High Lift Loader, Pushback Truck dan standard peralatan lainnya dalam penyiapan pesawat udara telah tersedia di Bandara Hang Nadim.

Baca Juga: Hadirkan Posko Layanan Haji hingga Perkuat Kemitraan, Cara Telkomsel Sambut Musim Haji 2024

"Berkat kerja sama yang terjalin baik antara Ditjen Perhubungan Udara, Airnav Indonesia, PT. Angkasa Pura I, PT. Bandara Internasional Batam, Saudi Arabia Airlines dan PT. Gapura Angkasa maka suasana hangat dalam hal pelayanan haji ramah lansia tahun ini sangat terasa, semoga calon jemaah haji mendapatkan pengalaman dan pelayan terbaik berangkat dari Bandara Hang Nadim," tutur Maraden.

Tentunya kita berharap kelancaran keberangkatan calon jemaah haji ini dapat terlaksana sampai kloter terakhir nanti, begitupun pada saat kepulangan nanti. "Semoga pelayanan calon jemaah haji tahun 2024 ini semakin meningkat dan terus mengalami perbaikan sehingga memberikan rasa aman dan nyaman selama keberangkatan dan kepulangan nanti. Semoga mereka menjadi haji yang mabrur," harapnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat