unescoworldheritagesites.com

Perkembangan Sektor Jasa Keuangan di Solo Raya Tumbuh Positif - News

Kantor OJK Kota Solo (Endang Kusumastuti)

: Perkembangan sektor jasa keuangan di wilayah Solo Raya tumbuh positif dan stabil. Hal ini tercermin dari pertumbuhan kredit dan aset perbankan. 

"Selain itu, pertumbuhan jumlah Single Investor Identification (SID) pada sektor pasar modal juga mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya," jelas Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Eko Yunianto, Kamis (23/2/2023).

Lebih lanjut Eko mengatakan perkembangan kinerja industri jasa keuangan di Solo Raya sampai dengan periode Desember 2022 yang menunjukkan kredit perbankan tumbuh sebesar 7,19 persen (yoy) menjadi sebesar Rp102,71 triliun.

Baca Juga: Lirik Lagu Dosa Masalalu, Bagaimana Ini Oh Sampai Terjadi, Elvi Sukaesih

Aset perbankan juga tumbuh sebesar 3,38 persen (yoy) menjadi sebesar Rp112,64 triliun, dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perbankan di Solo Raya tumbuh sebesar 0,38 persen (yoy) menjadi Rp90,05 triliun. 

"Berdasarkan jenis penggunaan, kredit perbankan didominasi kredit modal kerja yang mencapai 58 persen," jelasnya lagi.

Diikuti kredit investasi sebesar 21 persen, dan kredit konsumsi sebesar 21 persen. Sedangkan berdasarkan jenis usaha, kredit perbankan didominasi kredit bukan mikro, kecil dan menengah (non UMKM) yang mencapai 56 persen.

Baca Juga: BMW Astra Hadirkan The New BMW X7 dan BMW 320i Sport Pertama di Jawa Timur.

Selanjutnya diikuti kredit mikro sebesar 21 persen, kredit kecil sebesar 14 persen dan kredit menengah sebesar 9 persen.

"Untuk industri pasar modal menunjukkan peningkatan dari jumlah SID di wilayah Solo Raya sebesar 110,23 persen (yoy) menjadi 360.956 investor," paparnya.

Eko juga mengatakan peningkatan ini  didominasi oleh investor Reksa Dana, diikuti oleh investor Saham dan investor Surat  Berharga Negara (SBN).

Baca Juga: Sambut HUT Masjid Istiqlal, Telkom Luncurkan Dunia Virtualnya Masjid Istiqlal Bernama Istiqlalverse

Sementara itu dari sisi perlindungan konsumen, sampai dengan Desember 2022, Kantor OJK Solo telah menerima 174 layanan konsumen yang dilakukan secara online melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) dan melalui surat resmi ke OJK Solo. 

Dari jumlah layanan tersebut, sebanyak 128 atau 74,8 persen merupakan layanan dari sektor perbankan khususnya terkait restrukturisasi kredit. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat