unescoworldheritagesites.com

Menkeu Mewanti-Wanti, Penerima Ganti Untung Pembebasan Lahan Untuk Investasi Jangan Beli Mobil - News

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat berbincang dengan penerima ganti untung pembebasan lahan untuk jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo (Endang Kusumastuti)

 

: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mewanti-wanti kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan bupati/wali kota untuk membimbing masyarakatnya yang mendapatkan ganti untung dari lahannya yang terkena pembebasan lahan.

"Karena mereka tiba-tiba pegang uang yang nilainya miliaran. Jadi kalau tadi yang datang pertama dealer mobil yang mohon Kemudian untuk dijadikan suatu keputusan untuk mereka bisa berinvestasi dalam jangka panjang," jelas Menkeu Sri Mulyani usai inspeksi progres pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo dan diskusi dengan penerima ganti untung di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (27/2/2023).

Karena hal tersebut menurut Menkeu akan menentukan kesejahteraan mereka ke depan. Dirinya juga mengaku senang jika para penerima ganti untung tersebut  tidak menggunakan uang ganti untung untuk membeli mobil atau hal lain yang tidak penting. 

Baca Juga: Jadwal Tayang Indonesian Idol 2023 Spekta 4, Simak Bocoran Lagu Top 11 Finalis dengan Tema Dangdut Malam Ini!

"Tapi membeli sawah lagi. Ada yang mau membuka usaha, jadi saya terima kasih jika kemudian muncul enterpreneur baru di sini," katanya. 

Sementara itu untuk Jalan  Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo dengan  panjang 96,57 kilometer, nilai total investasi mencapai Rp 27,8 triliun. Sri Mulyani berharap seluruh anggaran tersebut tidak hanya dari sisi belanja anggarannya yang meningkat tapi juga kegiatan ekonomi meningkat.

"Karena itu kan berarti belanja modal yang ada di daerah Jawa Tengah termasuk di kota-kotanya Apakah di Solo,  Klaten, Boyolali,dan Kulon Progo tadi tapi juga bisa menghasilkan dampak gerakan ekonomi," jelasnya lagi.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Sinar Mas Gerakkan Bazar Minyak Goreng

Dengan adanya jalan tol, Pulau Jawa yang didukung Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang paling tinggi pertumbuhan ekonominya pada tahun 2022 lalu. 

"Kita berharap terus tumbuh terutama disumbangkan oleh kota-kota yang sudah mulai terhubung. Mestinya bisa tumbuh 6 persen," katanya lagi.

Menkeu juga menyebut jika internal rate of return (IRR) dari jalan tol ini sebesar 12,03 persen. Jika biaya dari dana APBN berasal dari surat berharga negara  sekitar 6 persen maka ini bisa dua kali lipatnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Ibu dan Lagunya - Koes Plus ... Ku Ingin Dengar Kembali, Lagu yang Ibu Sayangi

"Ini berarti setiap rupiah uang negara berhasil menghasilkan dampak yang lebih besar untuk proyeknya saja. Saya sebenarnya sudah minta kepada teman-teman untuk menghitung dampak sosial ekonominya yang lebih besar itu biasanya  multiplayer-nya jauh lebih besar," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat