unescoworldheritagesites.com

Mau Tukar Uang Baru Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, BI Solo Siapkan Rp6 T - News

Warga masyarakat antre menukarkan uang kebutuhan Lebaran di mobil kas keliling di Kota Solo (Endang Kusumatuti)

 

: Mau tukar uang untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang? Saat ini Kantor Bank Indonesia (BI) Solo sudah mulai membuka layanan penukaran uang

Tahun ini BI Solo menyiapkan hingga Rp6 triliun untuk penukaran uang kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2023/1444 H. Jumlah itu meningkat 7 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp5,6 triliun.

"Tapi itu perkiraan, kalau lebih dari itu kami sudah siapkan buffer nya jadi stok di BI Solo aman, kalau terpaksa kurang kami bisa minta ke BI Semarang Jawa Tengah kalau masih kurang bisa minta ke Kantor Pusat Jakarta Jadi masyarakat tidak perlu khawatir kami tidak membatasi hanya mengatur proses penukaran," jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, usai kick off layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat periode Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2023 di Plaza Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Lirik Lagu Beatbox English Version NCT Dream, NCT: A Lyric Video With The Members' Handwriting

Penukaran uang kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan dilayani hingga tanggal 20 April mendatang atau menjelang Idul Fitri.  Masyarakat bisa menukarkan uang melalui 154 titik layanan penukaran.

"Terdiri dari 124 kantor bank dan 15 BPR di Soloraya, serta 3 kantor Pos Indonesia, dan 12 kantor pegadaian di wilayah Solo Raya," jelasnya lagi.

Titik layanan penukaran uang kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tersebut sebagian besar berada di Kota Solo. Selain itu, layanan juga dilakukan melalui delapan mobil kas keliling.

Baca Juga: Viral, Beredar Rumor Alshad Ahmad Dan Nissa Asyifa Ternyata Sudah Menikah dan Bercerai Resmi Desember 2022

"Dua mobil kas keliling dari Bank Indonesia dan enam mobil kas keliling milik perbankan, karena tidak semua bank memiliki mobil kas keliling. Jadi yang punya kita ajak kerjasama," katanya. 

Masyarakat bisa menukarkan dengan menggunakan uang tunai maupun QRIS, atau ATM. Untuk uang pecahan yang banyak dicari masyarakat menurut Joko, sebanyak 30 persen uang pecahan Rp10.000 dan 30 persen pecahan Rp5000, sedangkan sisanya pecahan Rp20.000 dan Rp1.000 serta Rp2.000.

"Uang yang disediakan berupa pecahan baru," katanya lagi.

Baca Juga: Lirik Lagu Sholawat Romadhon Tajalla Lengkap Dengan Tulisan Arab Dan Terjemahannya

Masyarakat yang akan menukarkan uangnya di kas keliling bisa  melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui web https://pintar.bi.go.id sesuai jadwal yg telah ditetapkan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat